PKBM, Kini Bantu Tingkatkan Keterampilan Masyarakat

0
199

20140616_161217

depoktren.com – Sebanyak 22 Kepala Penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Kota Depok dan 8 Penilik PKBM menghadiri undangan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok dalam acara sosialisasi dan sharing terkait PKBM.

 

Acara sharing ini menghadirkan Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, dan juga Kadisdik, Harry Pansila. Bertempat di aula Balaikota Depok Lantai 5, Senin (16/6/2014).

 

Nur mengatakan Depok telah terbantu dengan peran PKBM yang ada dan terus berjalan saat ini dalam dunia pendidikan. Hal tersebut karena memang pada dasarnya tujuan PKBM adalah menyelenggarakan program kesetaraan pendidikan dengan kejar Paket A, B, dan C.

 

Meningkatnya penduduk yang datang ke Depok menjadi satu masalah tersendiri di dunia pendidikan. Suasana kompetisi dalam dunia pekerjaan semakin terasa. Sehingga yang berkualitas dan yang mampulah yang akan menang.

 

Walikota berharap PKBM tidak hanya fokus dalam penyelenggaraan kejar Paket saja, namun juga perlu memperhatikan keterampilan dan kompetensi warga belajar. Tujuannya adalah agar warga belajar mampu untuk menghadapi tantangan kerja dan meningkatkan profesionalismenya.

 

Otong, Ketua Forum PKBM Depok, berharap agar pemerintah Kota Depok memberikan wadah khusus kepada warga belajar PKBM untuk membina keterampilan mereka yakni dengan didirikannya Balai Latihan Kerja (BLK) di Depok.

 

Selain itu, Otong juga meminta kepada Walikota Depok untuk lebih memperhatikan industri rumahan yang kini dibuat oleh para warga belajar, seperti produk jus belimbing yang kini ia garap bersama PKBM-nya.

 

Menurutnya, Depok yang menjadikan belimbing sebagai icon-nya perlu diangkat dan dipromosikan sebanyak mungkin agar belimbing bisa benar-benar menjadi produk unggulan. (anbf)

 577 total views

LEAVE A REPLY