Penyair Asrizal Nur: Perkembangan Seni Dan Budaya di Depok Jalan Ditempat

0
651
Penyair Asrizal Nur
Penyair Asrizal Nur
Penyair Asrizal Nur

depoktren.com-Wacana pembentukan Dewan Kesenian Depok, yang diprakarsai Disporaparsenbud Depok dinilai tidak proposional. Hal ini erungkap dalam diskusi pada Pekan Rumah Seni Asnur yang berlangsung pada dilihat pada saat Temu pelaku seni Depok dan nasional pada acara yang Pekan Rumah Seni Asnur yang telah berlangsung sejak Minggu (15/6) lalu dan akan berakhir pada Jum’at (20/6) di Rumah Seni Asnur Jalan Kavling UI, Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat (Jabar).

Acara yang dihadiri para pelaku seni Depok tersebut hadir sebagai pembicara pada pembukaan Pekan Rumah Seni Asnur, Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Misbahul Munir, irawan karseno (ketua DKJ) maman s mahayana (kritikus satra) dan clara sinta (dramawan) dengan moderator penyair Sihar Ramses Simatupang dan sebagai pengantar acara pendiri Rumah Seni Asnur, Asrizal Nur.

”Langkah langkah kebijakan pelestarian, peningkatan serta pengembangan seni budaya Depok juga dianggap jalan di tempat,” ujar Asrizal Nur saat diskusi dan ngopi bareng pihak Pemkot Depok bersama para seniman-seniman Kota Depok dan seniman nasional, pada pembukaan Pekan Seni Rumah Seni Asnur di Rumah Seni Asnur, Depok, Jabar, Ahad (15/6) lalu.

Menurut Asrizal, latar belakang pembuatan Rumah Seni Asnur ini, bermula dari kerinduan adanya gedung kesenian di Kota Depok. Menurut dia, berdirinya Rumah Seni Asnur harus bersifat presentatif sehingga bisa digunakan berkumpulnya para seniman di Kota Depok khususnya dan seniman Indonesia umumnya.

”Depok ini gudangnya seniman. Dulu ada Rumah Teater WS Rendra, tapi sekarang sudah vakum karena kurang dukungan Pemkot Depok. Saat ini para seniman tidak punya tempat. Rumah Seni Asnur bisa menjadi tempat bagi para seniman,” tukas penyair asal Riau ini.

Rumah Seni Asnur telah melangsungkan kegiatan sepekan ini yang di meriahkan dengan berbagai macam acara, diantaranya pementasan drama, pemutaran video konser puisi, dan silaturahmi penyair puisi bersama seniman ternama. ”Kami juga berharap Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail membaca puisi untuk masyarakat yang hadir sekaligus meresmikan berdirinya Rumah Seni Asnur,” harap Asrizal. (adn)

 1,432 total views

LEAVE A REPLY