Diaykini Debat Capres Tak Lagi Pengaruhi Pemilih

0
295

debat capres1depoktren.com-Kedua calon presiden (capres) akan beradu visi dalam debat ke tiga dengan tema politik internasional dan ketahanan nasional, di Jakarta, Minggu (22/6). Sayangnya, kedua isu ini dianggap takkan mampu mempengaruhi pemilih dalam menentukan pilihannya pada Pemilihan Presiden (Pipres) yang akan berlangsung pada 9 Juli 2014 mendatang.

Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dua isu ini diyakini tidak akan terlalu banyak mempengaruhi pemilih. Apalagi bagi mereka yang sudah mantap menentukan pilihan. “Pengaruhnya tidak akan besar oleh debat ini,” katanya.

Burhan mengatakan, dua isu yang paling menarik perhatian masyarakat adalah ekonomi dan korupsi. Itupun, kata dia, terbukti tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap pemilih.

Dua hal yang penting terkait tema debat yang ketiga ini adalah mengenai persaingan global dan pasar bebas. Pasar bebas, ujarnya, juga sudah banyak disinggung dalam tema ekonomi.

Seperti diketahui, debat nanti malam merupakan debat terakhir antara capres. Sedangkan pada debat ke empat akan menjadi pertarungan antar calon wakil presiden. Sementara debat terakhir, merupakan debat antar pasangan capres-cawapres (adn-sumber ROL)

 761 total views

LEAVE A REPLY