KPU Habiskan Rp 200 Juta Sekali Debat Capres

0
346

7134

depoktren.com – Prosesi debat capres yang dimotori oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) diketahui menelan biaya yang tak sedikit. Sedikitnya KPU harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 200 juta sekali debat.

 

Kepala Subbagian Sosialisasi dan Kampanye KPU, Sahruni Hasna Ramadhan mengatakan, untuk setiap debat KPU mengeluarkan biaya sebesar Rp 200 juta. Seperti yang dilansir dar Republika.co.id perkiraan total biaya selama 5 kali debat yakni Rp 1 miliyar.

 

“Kurang lebih Rp 200 juta setiap debat dan itu sudah menjadi standar biaya umum (SBU) dari KPU. Semua debat sama, hitungannya per paket undangan, dan dipukul rata untuk debat pasangan, debat capres, dan debat cawapres,” kata Sahruni di kantor KPU, Jakarta, Senin (23/6).

 

Sahruni menambahkah bahwa biaya di atas dialokasikan untuk akomodasi, konsumsi, honir moderator, dan bingkisan bagi tamu undangan. Bingkisan biasanya berupa kaos KPU, makanan kecil, minuman botol, dan selebaran tentang pilpres 2014.

 

Untuk undangan sendiri jumlah selalu sama di tiap debat capres yakni 500 undangan. Biaya Rp 200 juta ini sudah disesuaikan dengan paket untuk setiap debatnya.

 

“Jadi itu sudah standar biaya dari KPU, kalau ada tawaran tempat pelaksanaan tapi harganya tidak sesuai dengan alokasi KPU ya terpaksa tidak kami terima,” ujarnya. (anbf)

 

 621 total views

LEAVE A REPLY