Ini Dia Tampilan ‘Seram’ Bungkus Rokok yang Baru

0
740
foto : tempo
foto : tempo
foto : tempo

depoktren.com – Bungkus rokok kini bermetamorfosis menjadi pesan yang tegas akan bahaya rokok bagi kesehatan seseorang. Pada bungkus rokok yang baru terdapat gambar ‘seram’ yang menunjukkan penyakit yag disebabkan oleh rokok.

Ada lima gambar yang sudah dipilih pemerintah untuk ditampilkan di bungkus rokok, yakni gambar dengan tema merokok menyebabkan kanker mulut, merokok membunuhmu, merokok menyebabkan kanker tenggorokan, merokok dekat dengan anak berbahaya, dan merokok menyebabkan kanker paru-paru. Hal ini sesuai denga keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 yang mengatur pesan peringatan kesehatan bergambar.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan 72 industri dan 3.363 merek rokok telah mendaftarkan gambar peringatan yang akan dipakai di kemasan rokok ke BPOM. Dari jumlah itu, baru 56 industri dan 326 merek rokok yang telah mendaftarkan gambar peringatan. Terdapat 16 industri dan 3.037 merek belum mendaftarkan gambar peringatan bahaya merokok yang akan ditampilkan di kemasan produk rokok.

“Tetapi tak masalah jika perusahaan langsung menampilkan gambar peringatan tanpa mendaftar terlebih dahulu,” ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Utama BPOM Tengku Bahdar Johan saat dihubungi, Senin, 23 Juni 2014.

Menurut dia, jika tak patuh dengan aturan tersebut, perusahaan akan dikenai sanksi sesuai dengan isi peraturan pemerintah itu. Seperti pemberian sanksi administrasi berupa teguran lisan, teguran tertulis, penarikan produk, rekomendasi penghentian sementara kegiatan, dan rekomendasi penindakan lainnya sesuai dengan aturan perundang-undangan. “Termasuk kalau gambarnya tidak sesuai dengan aturan, bisa ditindak,” ujarnya. (anbf)

 2,012 total views

LEAVE A REPLY