Manfaatkan Sampah Organik, UPS Permata Panen Kompos

0
296

20140715_103453

depoktren.com – Rumah Kompos, Unit Pengelolaan Sampah (UPS) Permata, Komplek Perumahan Permata Regency, Citayem, melakukan panen pupuk kompos hasil dari pengelolaan yang ada di UPS tersebut.

 

UPS Permata mengelola sampah dari sampah organik, seperti daun, sayuran, kulit buah, tulang ikan, dan ayam menjadi pupuk kompos dan pupuk cair.

 

Menurut keterangan Arifin, Koordinator UPS Permata, semua sampah berasal dari warga. Terdapat 1.000 KK yang berasal dari 3 RW, yakni RW 6, 10, dan 11 Kelurahan Ratu Jaya yang sudah berpartisipasi dalam pemilihan sampah organik di masing-masing rumah.

 

Arifin menambahkan bahwa sampah diambil dari tiap rumah tiap 2 hari sekali den kemudian diproses di UPS. Sampah yang sudah terpilah yakni sampah organik kemudian dicacah dan ditumpuk pertonnya yang kemudian dicek suhu tiap harinya.

 

Zamrowi, Kepala DKP Kota Depok, yang saat itu hadir dalam panen kompos menjelaskan bahwa kompos yang siap panen adalah yang sudah berbau tanah. Untuk prosesnya sendiri dari mulai pencacahan hingga menjadi kompos diperlukan sekitar 4 bulan.

 

Selanjutnya, pupuk yang sudah dipanen ini akan diserahkan ke dinas dan dibagikan kepada warga secara gratis.

 

Turut hadir dalam panen kompos kali ini Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Ketua PKK Kota Depok, Nur Azizah Tamhid, Camat Citayem, Luruh Ratu Jaya, PKK setempat, dan Komunitas Sampah Tape Uli. (anbf)

 

 824 total views

LEAVE A REPLY