Jimly: Pilpres Paling Bersejarah, Harus Dihormati

0
126

Jimly Ketua DKPPdepoktren.com-Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie mengatakan, pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) 2014 terbilang paling bersejarah dan harus dinikmati oleh semua pihak secara positif. ”Jadi Ramadan tahun ini sangat bersejarah karena terjadi saat bangsa kita mengadakan pilpres,” ujar Jimly saat open house dirumahnya dibilangan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (30/7).

Selain itu, lanjutnya, pesta demokrasi kali ini juga hanya diikuti dua calon. ”Pilpres 2014 ini sangat seru karena capresnya ada dua yang dalam pengalaman sejarah kita belum pernah. Kalau 2004 capresnya lima, dan 2009 ada tiga, sekarang cuma dua,” tutur Jimly.

Lanjut Jimly lagi, pilpres kali ini ketat sekali dan otomatis membuat pilihan rakyat terbelah dua jadi hitam dan putih. Sebagai bangsa yang plural tentunya hal itu semakin kelihatan. Apalagi, pluralisme yang ada di Indonesia itu berbeda dengan yang ada di Amerika Serikat.

Kondisi itu, sangat berbahaya. Apalagi dalam pelaksanaannya sering diwarnai berbagai konflik, seperti saling menjelek-jelekannya calon. ”Kampanye hitam itu hitam sekali hitamnya pekat,” tegasnya.

Tetapi, beruntung pelaksanaan pilpres kali ini bertepatan dengan Ramadan. Sehingga semua WNI atau sekira 80 persen dipaksa untuk menahan diri. “Makanya kita bersyukur ada di bulan Ramadhan, kalau tidak kita repot juga,” pungkasnya. (adn)

 535 total views

LEAVE A REPLY