Ledakan Makam Nabi Yunus, ISIS Dikecam Dunia

0
306

detik-detik-meledaknya-makam-nabi-yunus-oleh-isis-di-mosul-irak-320x180

depoktren.com – ISIS (Islamic State of Iraq and Syiria) atau kelompok militan Negera Islam Irak dan Suriah kembali membuat ulah. Kini ISIS menghancurkan makam Nabi Yunus di Mosul, Irak, pekan lalu. Kini makam bersejarah itu telah hancur.

Seperti yang dilansir dari Tempo.com, Sam Hardy, profesor dari Universitas Amerika Roma kepada Washington Post menyatakan bahwa ISIS berpotensi menghancurkan segala macam peninggalan agama Kristen yang disebutkan di dalam Alkitab.

Namun ternyata, penghancuran makam Yunus itu tidak hanya melukai perasaan umat Kristen. Sebab, kisah Nabi Yunus tidak hanya ada di dalam Alkitab. Hardy mengatakan agama lain seperti Yahudi dan Islam juga mengakui Yunus sebagai nabi.

Pendapat serupa diutarakan Joel S. Baden dan Candida Moss yang merupakan profesor Alkitab dari Yale dan Universitas Notre Dame. Melalui tulisannya di dalam blog CNN, mereka mengatakan pengeboman makam Yunus telah menghilangkan warisan agama Kristen bagi dunia.

Rabi Benjamin Blech, seorang profesor dari Universitas Yeshiva, New York, menyebut penghancuran tempat peristirahatan terakhir Yunus menjadi perhatian seluruh umat beragama sedunia. “Ini sebuah pukulan dan kejadian yang sangat tragis”, ungkapnya.

Kaum muslim, termasuk mereka yang tinggal di Mosul, juga mengutuk aksi keji ISIS. Seorang ulama Sunni asal Libanon, Harith al-Dhar, mengatakan hancurnya makam Yunus adalah kehilangan besar. “Apalagi tempat itu dianggap sebagai tempat suci sekaligus tonggak sejarah dan budaya Mosul”, jelasnya. (anbf)

 862 total views

LEAVE A REPLY