Pendatang Pasca Lebaran akan Didata Disdukcapil Depok

0
355

disdukcapildepoktren.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemrintah Kota (Pemkot) Depok akan segera mendata para pendatang baru pasca lebaran. ”Kami akan turun ke lapangan dan mendata serta memberikan penyuluhan jika nanti kedapatan ada warga pendatang baru yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Depok,” ujar Epi Yanti, Kepala Bidang (Kabid) Disdukcapil Pemkot Depok di Balaikota Depok, Rabu (6/8).

”Yang paling mengetahui bertambahnya penduduk adalah pihak kelurahan. Kami akan mencoba mengecek laporan dari tiap kelurahan mengenai ini,” tutur Epi yang mengungkapkan pihaknya berencana mulai melaksanakan pendataan selama tiga hari di Kampung Lio dan wilayah lainnya pada Senin (11/8) mendatang.

”Kami akan mendata para warga, jika ada warga yang bermasalah kami akan memberikan himbauan agar mereka segera mengurus surat kepindahannya. Bermasalah disini maksudnya adalah warga yang belum memiliki KTP atau yang masa berlaku KTP sudah habis,” ungkap Epi.

Epi menuturkan, saat ini tercatat pasca lebaran, baru sebanyak 10 warga saja yang tercatat mengurus kepindahan ke Kota Depok. Data tersebut merupakan data yang masuk sejak dibukanya pelayanan pada Senin (4/8). ”Kami melayani penduduk yang pindah ke Depok, asal menjalani prosedur administratif,” terang Epi.

Penduduk yang ditangani oleh Disdukcapil, lanjut Epi, adalah penduduk yang secara resmi terdaftar secara administratif saja. Dengan begitu, Disdukcapil tidak bisa meraba pertambahan penduduk karena pihaknya hanya mendata penduduk yang pindah sesuai prosedur kepindahan penduduk. (adn)

 869 total views

LEAVE A REPLY