Sekolah Tawuran akan Diberikan Sanksi

0
394

tawurandepoktren.com-Menyikapi tawuran pelajar yang mengkibatkan seorang pelajar tewas pada tawuran pelajar SMK Pancoran Mas dan SMK Baskara yang terjadi pada Rabu (13/8). Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan bahwa semua penyelenggara pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keamanan ketertiban disekolah masing-masing.

Selain itu orang tua juga dihimbau untuk terus meningkatkkan kualitas moral pendidikan agama di lingkungan keluarga. ”Dinas Pendidikan (Disdik) sudah kami perintahkan untuk mempelajari kasus ini agar dapat mengambil sikap yang terbaik dan tidak merugikan pihak sekolah ataupun siswa,” ujar Nur Mahmudi seusai upacara bendera kemerdekaan 17 Agustus di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar), Minggu (17/8).

Nur Mahmudi, melanjutkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah berupaya menekan angka kekerasan dan pelanggaran hak anak dengan mengeluarkan Perda Kota Layak Anak. Atas dasar itu lembaga pendidikan serta seluruh elemen masyarakat harus lebih gencar menyuarakan ketertiban agar anak mendapatkan hak yang layak. ”Kami meminta polisi mengusutnya,” tegas Nur Mahmudi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila menegaskan pihaknya akan memberikan sanksi dengan meliburkan kedua sekolah yang terlibat tawuran tersebut. Sementara itu kepala sekolah dari kedua sekolah tersebut sudah dipanggil untuk dilakukan penyelidikan dan konfirmasi.

”Sanksi yang mungkin kita berikan adalah pemotongan satu generasi di kedua sekolah tersebut, artinya pihak sekolah tidak diizinkan untuk menerima murid baru pada tahun ajaran 2015-2016. Namun ini masih dalam pembahasan,” jelas Herry.

Kepala Sekolah SMK Baskara keberatan dengan saksi itu jika diberikan. ”Disdik harus adil dan bijaksana dalam memberikan sanksi,” pinta Aji Waluyo yang mengutarakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya preventif dalam rangka memutuskan mata rantai tawuran, salah satunya membuat perjanjian dengan siswa. ”Yang terlibat kami keluarkan dari sekolah. Sekarang kami tengah fokus melakukan pembenahan,” terang Aji.

Pelajar SMK Baskara, Wandi Setiawan tewas terkena bacokan senjata tajam ketika terlibat tawuran dengan pelajar SMK Pancoran Mas. Pihak Polres Depok sudah mengamankan dua pelajar SMK Pancoran Mas yang diduga sebagai pelaku pembacokan terhadap Wandi. (adn)

 1,180 total views

LEAVE A REPLY