Depok Rapatkan Barisan Lawan ISIS

0
122

20140818_160451

depoktren.com – Paham radikal Islamic State of Iraq and Syiria kian merebak dan ramai diperbincangkan. Depok yang notabenenya merupakan daerah perbatasan dimungkinkan menjadi incaran paham tersebut untuk dijadikan sarang berkembangnya.

 

Menanggapi kemungkinan tersebut, pemerintah Kota Depok menggelar rapat koordinasi dengan beberapa pihak terkait guna menangkal masuknya paham ISIS di Depok.

 

“Sebelum menjalar ke Depok, kami saat ini melakukan rapat koordinasi sebagai upaya antisipatif,” ujar Nur Mahmudi, Walikota Depok, saat rapat koordinasi, Jum’at (15/8).

 

Rakor tersebut dihadiri oleh Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kemenag dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan dibawahi oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok.

 

Nur menambahkan pihaknya akan senantiasa mendengarkan arahan dari pemerintah pusat atas apa saja yang harus disikapi dan ditindaklanjuti terkait ISIS. Depok juga siap memberikan dukungan ke nasional agar gerakan radikal ISIS ini tidak merebak di wilayah Indonesia.

 

Menurutnya, paham ISIS dapat ditangkal dengan meningkatkan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu diharapkan juga marsyarakat dapat memahami dan memperdalam ajaran agama yang benar.

 

Sementara itu Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Syafrizal mengatakan bahwa pihaknya akan terus mewaspadai wilayah perbatasan seperti Bojongsari dan Cinere. Hal tersebut karena Depok merupakan daerah perlintasan dari beberapa kota seperti Tangerang, Bogor dan Jakarta.

 

“Depok merupakan daerah yang acapkali menjadi transit, hal ini yang perlu diwaspadai karena banyak warga di daerah Depok yang menghuni kontrakan dan kosan. Saya himbau agar masyarakat segera melaporkan jika menemukan gerakan atau komunitas yang mencurigakan,” pungkasnya. (anbf)

 402 total views

LEAVE A REPLY