Komisi D DPRD Depok Sayangkan Banyaknya Anggota DPRD Terlibat Pungli PPDB

0
670

siti nurjanahdepoktren.com-Siti Nurjanah, anggota Komisi D DPRD Depok yang membidangi pendidikan menyayangkan banyaknya oknum anggota DPRD yang diduga terlibat pungutan liar (pungli) dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN dan SMAN melalui jalur optimalisasi yang merupakan kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

”Dalam waktu dekat kami akan memanggil Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) untuk mempertanyakan kebijakan optimalisasi PPDB yang banyak disalahgunakan dan penuh dengan pungli,” ujar Siti.

Diakui Siti memang banyak oknum anggota DPRD yang ikut-ikutan “bermain” dengan berbagai alasan yakni membantu para orang tua murid untuk dapat anaknya bersekolah di sekolah negeri, bahkan dengan cara-cara memaksa dinas dan pihak sekolah. ”Alasanya untuk membantu konstituennya dan ada juga yang beralasan mungkin ini proyek setahun sekali. Alasan-lasana ini kan terlalu lebay lah,” jelasnya yang menyesalkan perbuatan beberapa rekan-rekannya di dewan ini.

Menurut Siti kebijakan optimalisasi PPDB ini selain melanggar aturan juga telah merusak sistem dan tidak mendidik. ”Kasihan anak-anak sudah diajarkan tidak benar dari para oknum anggota dewan yang terhormat itu. Sebenarnya kan kalau oknum para anggota dewan ingin menolong dikasih pemahaman yang benar dan kalau mau menolong siswa miskin ya diangkat anak dan disekolahin,” jelasnya yang sangat berharap pihak Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Depok jangan “tutup mata” dan menindak tegas para oknum anggota DPRD yang terlibat. (raakan)

 1,592 total views

LEAVE A REPLY