Perjalanan Pelaksanaan Tes CPNS Sebelum Diresmikan

0
351

tes cpnsdepoktren.com-Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 memiliki sesuatu yang berbeda. Untuk tahun ini, pelaksanaan tes resmi berlangsung secara online. Pelaksanaan formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) menunggu ketentuan lebih lanjut tentang manajemen PPPK dan jabatan-jabatan yang dapat diduduki oleh PPPK.

Perjalanan CAT (Computer Assited Test) diamanatkan sesuai dengan UU NO 43/1999 tentang perubahan, UU NO 8/1974 tentang Pokok/pokok Kepegawaian dan UU No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Adapun tahapan CAT sejak awal hingga resmi diberlakukan saat ini, antara lain:

2004-2005: Direktorat Rekrutment Kinerja Pegawai BKN melakukan pengkajian dan penelitian tentang sistem rekrutment berbasis kompetensi.

2006: Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuat kajian penilaian Kompetensi Dasar PNS.

2007: BKN melakukan studi literature dan studi banding baik di dalam maupun di luar negeri.

2008:
– Direktorat Rekrutment dan Kinerja Pegawai merekrut pegawai pengelola bank soal.
– Biro umum dan Perlengkapan BKN memfasilitasi aplikasi CAT berikut sarana dan prasarana.
– Uji Coba Sistem CAT.

1 Juni 2009
Sistem CAT meresmikan dengan penandatanganan prasasti CAT bertepatan dengan HUT-61 BKN oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi dan kepala BKN Edy Topo Ashari.

2010
– BKN menerapkan system passing grade
– CAT BKN digunakan dalam tes CPNS ANRI 2010.
– Tes Analis Kepegawaian.
– Tes Jabatan Fungsional.
– Tes Jabatan Struktural di beberapa kementerian/lembaga, pemda.

2013: CAT BKN telah digunakan dalam seleksi CPNS di 73 instansi/ pemprov/ Pemda di 200 titik lokasi tes. Ini melampaui target sebanyak 18 instansi.

2014: Sedang dibangun jalur komunikasi data dari BKN pusat dengan empat kantor regional berbasis virtual private network (VPN).

Dimasa depan, tes seleksi CPNS dengan CAT BKN tidak didesain secara missal dan massif sepeti sekarang tapi dilakukan secara berkala. Tes dapat dilakukan setiap hari dengan menerbitkan sertifikat TKD. Sertifikat ini menjadi dasar untuk melamar ke setiap instansi dan selanjutnya tinggal mengikuti TKB di instansi yang dituju. (ardian/dari berbagai sumber)

 899 total views

LEAVE A REPLY