Ikatan Bidan Indonesia Depok Gelar Musyawarah

0
1694

bidandepoktren.com-Ikatan Bidan Indonesia (IBI) mengadakan Musyawarah Cabang V IBI yang merupakan musyawarah tertinggi dalam keorganisasian IBI. Acara yang berlangsung di Aula Lantai 5 RS. Hermina Depok, Minggu (24/8/14).

Acara musyawarah ini dihadiri pula oleh Orang nomor satu di kota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, Ketua TP PKK Depok Nur Azizah Tamhid, pengurus IBI wilayah Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan kota Depok, BPMK Depok, serta Ketua IDI cabang Depok.

Mengawali musyawarah, Hendrawati Setiani yang merupakan Ketua IBI Cabang Depok menuturkan, “Kita berkumpul di Hermina akan mengadakan muscab sebagai bentuk musyawarah tertinggi IBI ini bertujuan menjaga dan meningkatkan eksistensi IBI, serta sebagai evaluasi kepengurusan IBI 2008-2014. Tak lupa Saya berharap dengan terlaksananya muscab dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat bagi organisasi profesi”.

Pada kesempatan yang baik ini, Nur Azizah Tamhid sebagai Ketua TP PKK Depok menyampaikan pesan peran pentingnya para bidan dalam menerapkan standar emas makanan bayi untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas.

“Pada Kamis (14/8/14) yang lalu Saya bersama Asosiasi Rumah sakit Indonesia (ARSI), Persatuan Obstetri Ginekologi (POGI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), telah mendeklarasikan betapa pentingnya standar emas makanan bayi di acara Seminar ASI Eksklusif. Standar emas makanan bayi diperlukan guna mempersiapkan generasi yang berkualitas. Guna terlaksananya hal tersebut maka diperlukan peran yang sangat besar dari para bidan yang hadir hari ini,” tutur Nur Azizah.

Sebelum membuka acara Muscab V IBI, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail dalam amanatnya mengatakan pentingnya anak mendapat hak yang terbaik dari orang tuanya, dan IBI juga memiliki peran sangat penting dalam mengedepankan sifat mulia dari hak anak berupa pemberian standar emas makanan bayi yang dimulai dari dilakukannya Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

“Setiap anak memiliki hak yang harus dipenuhi oleh para orang tua, yakni harus dipelihara, dibimbing, dan dididik yang terbaik. Kaitan dalam hal dipelihara dengan baik, peran bidan sangat signifikan karena dari tangan para bidanlah dimulainya edukasi dini pada ibu-ibu yang
akan melahirkan agar mau memberikan makanan terbaik untuk bayinya dengan melakukan IMD sesaat setelah ibu melahirkan” jelas Nur Mahmudi.

Selanjutnya Nur Mahmudi mengungkapkan, “peran lain dari bidan yang tak kalah pentingnya adalah pemberian keterangan lahir yang dibutuhkan dalam pembuatan akta kelahiran bagi para bayi yang baru lahir” tutup Nur Mahmudi. (ardian)

 4,172 total views

LEAVE A REPLY