Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2014 Segera Digelar Di Medan

0
184

DSC_0361

depoktren.com – Apresiasi Film Indonesia kembali diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Medan, 12-13 September 2014. Ajang ini merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah kepada insan film yang telah berhasil meningkatkan standar etis, moral, estetis, dan artistik perfilman Indonesia. Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kacung Marijan, menuturkan bahwa film merupakan produk budaya yang efektif untuk menyampaikan pesan yang berkaitan dengan nilai budaya, kearifan lokal, dan pembangunan karakter bangsa.

“Pemerintah perlu melakukan usaha secara konsisten untuk terus mendorong insan/komunitas kreatif agar terus menghasilkan produk budaya yang sesuai dengan tatanan nilai karakter bangsa Indonesia,” ujarnya saat konferensi pers di hotel JS Luwansa Kamis (4/9/2014).

Rencananya ajang ini akan diramaikan artis-artis ibukota seperti Happy Salma, Raline Shah, Lukman Sardi, Chico Jerico, Tio Pakusadewo, dan masih banyak lagi. Rangkaian acara AFI 2014 di Medan antara lain Pawai Artis, pameran & workshop, serta red carpet untuk tanggal 12 September. Sedangkan tanggal 13 September menjadi puncak acara yang akan diisi Malam Penganugerahan AFI 2014 yang berlangsung di Istana Maimoon Medan.

Di istana bersejarah tersebut akan diberikan 17 penghargaan Piala Dewantara kepada para pemenang. Dewan juri di festival ini adalah Sheila Timothy (produser), Lasja Fauzia (sutradara), Alex Komang (aktor), Hafiz Rancajale (penggiat komunitas film), Totot Indrarto (pengamat film), Kemala Atmojo (wartawan), AS Laksana (penulis), Hilmar Farid (Akademisi), dan Nirwan Dewanto (budayawan).

AFI 2014 merupakan karya kolaborasi antara insan perfilman dan pemerintah. Kemendikbud dan Badan Perfilman Indonesia (BPI) menjadi penyelenggara AFI yang ketiga ini. “Dengan kerjasama yang baik dan dukungan yang luar biasa dari semua pihak, kami berupaya menjadikan AFI 2014 sebagai event yang berkelas serta menjadi ajang bergengsi bagi insan film dan masyarakat,” kata Robby Ertanto selaku Ketua Panitia AFI 2014. (esti)

 670 total views

LEAVE A REPLY