Logo AFI 2014 Diharapkan Bisa Paten

0
192
Logo AFI 2014
Logo AFI 2014
Logo AFI 2014

depoktren.com – Acara Apresiasi Film Indonesia (AFI) selalu memakai logo yang berbeda-beda selama tiga kali digelar. Tahun ini, logo AFI menampilkan Piala Dewantara warna keemasan yang dihiasi logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ketua Pelaksana AFI 2014, Robby Ertanto, menyampaikan harapannya agar logo AFI kali ini bisa dipatenkan.

“Logo kita ingin Piala Dewantara yang tampil agar dikenal oleh masyarakat. Kami juga meminta Kemendikbud untuk mematenkan logo ini,” ungkap Robby dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Sebelumnya di tahun 2012, AFI menggunakan logo dari pialanya yang berbentuk burung Garuda berwarna perak. Di tahun berikutnya AFI kembali menggunakan logo burung, namun bersayap merah putih dan berbadan emas. Untuk tahun ini, Piala Dewantara didaulat sebagai logo AFI 2014 dan diharap akan dipatenkan.

Piala Dewantara merupakan piala pernghargaan yang diberikan kepada pemenang di setiap kategori festival film bergengsi ini. nama “Dewantara” diambil dari nama Ki Hadjar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, yang dikenal sebagai “Bapak Pendidikan Nasional”. Dewantara dimaknai sebagai “dewa atau teladan orang banyak”. Karenanya Piala Dewantara menyiratkan keberadaan dan posisi AFI sebagai pemicu lahirnya sineas maupun karya-karya film yang dapat dijadikan teladan oleh masyarakat Indonesia.

Selaras dengan filosofi tersebut, Alex Komang selaku Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) mengatakan, “Film merupakan industri kreatif yang tidak hanya sekedar menampilkan estetika semata, tapi juga dapat diberi nilai-nilai untuk membangun karakter bangsa dan membawa perfilman nasional ke pentas dunia dengan karakter khas Indonesia,” ungkapnya.(esti)

 432 total views

LEAVE A REPLY