Depok Diharap Bisa Menjadi Friendly City

0
230

DSC_0377depoktren.com – Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Somad, menghadiri peresmian pusat kuliner Cerita Perut di jalan Cinere Raya No. 12a, Jumat (5/9/2014). Dalam sambutannya, orang nomer dua di Depok ini menyampaikan harapan agar Depok bisa menjadi Friendly City (kota yang ramah).

“Semoga Depok menjadi kota Friendly City. Kota yang ramah, bersahabat. Ramah terhadap lingkungan, ramah terhadap semua warganya, ramah birokrasinya. Menjadi Kota Ramah Lansia (KRL) juga Kota Layak Anak (KLA). Intinya kota yg berperadaban,”ujarnya.

Bentuk dari program KRL adalah pembangunan fasilitas publik yang belum memenuhi kebutuhan lansia seperti transportasi, lift untuk lansia, taman untuk lansia dan gedung-gedung. Program ini ingin memberikan kenyamanan dan keamanan intuk semua lansia. Jumlah lansia di Indonesia pada 2000 mencapai 14.4 juta jiwa atau sebanyak 7,18 persen dari total jumlah penduduk. Terdata 23 juta lansia di Indonesia saat ini, separuhnya tidak terlantar.

Untuk KLA sendiri, Idris menuturkan, sekarang sudah digunakan di 43 RW dari 46 RW seputar Depok. “Sekarang sudah punya 43 dari 46 RW yang sudah jadi RW layak anak,” tuturnya. Program KLA bertujuan menunjang sarana dan prasarana pendidikan serta kesehatan bagi anak. Indikator terwujudnya KLA ini adalah tersedianya tempat bermain untuk anak, pemberantasan kekerasan pada anak, dan perlindungan hak-hak anak terlindungi dari eksploitasi orang tua. (esti)

 730 total views

LEAVE A REPLY