Hewan Kurban Harus Sehat dan Sejahtera

0
314

Qurban-4depoktren.com-Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban pada 10 hari menjelang Idul Adha. Pemeriksaan tersebut akan dilakukan oleh petugas dari Distankan dan dibantu oleh para mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Instintut Pertanian Bogor (IPB).

”Hewan qurban sekota Depok yang sudah diperiksa nanti akan diberi tanda sehat, artinya sudah layak dijadikan hewan kurban. Kita punya tujuh dokter hewan dan nanti juga akan dibantu oleh mahasiswa FKH IPB,” ujar Kepala Distankan Pemkot Depok, Abdul Haris saat ditemui diruang kerjanya di Balai Kota Depok, Kamis,(10/9/2014).

Menurut Haris, meski Depok telah bebas dari berbagai penyakit hewan kurban seperti penyakit cacing hati, antraks hingga penyakit mulut dan kuku (PMK), namun pemeriksaan harus tetap dilakukan. Sebab pada umumnya hewan yang akan dijadikan qurban berasal dari luar Kota Depok, sehingga harus tetap waspada terhadap kemungkinan timbulnya penyakit zoonotik, yaitu penyakit yang ditularkan dari hewan kepada manusia.

Diutarakan Haris, hewan qurban yang ada di Depok itu harus sehat dan sejahtera. ”Maksudnya hewan qurban itu harus sehat secara fisik dan juga sehat mentalnya saat hendak disembelih serta diupayakan hewan qurban yang hendak disembelih tidak stres,” tandasnya. (ardian)

 757 total views

LEAVE A REPLY