Dishub Depok akan Atasi Kemacetan di Sawangan

0
567

Macet-jalan-raya-sawangan-21

depoktren.com – Dinas Perhubungan Kota Depok bekerjasama dengan pihak ketiga kini tengah melakukan kajian mendalam untuk mengatasi kemacetan yang semakin parah di Jalan Raya Sawangan. Kajian yang akan selesai akhir tahun ini diharapkan bisa mengurai kemacetan di jalur tersebut. Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, R. Gandara Budiana belum bisa memastikan seperti apa jalan keluar yang bisa mengatasi kemacetan itu. ”Belum tau, kita masih melakukan kajian secara mendalam. Mudah mudahan akhir tahun ini selesai. Dari situ baru bisa diketahui apa langkah-langkah yang akan dilakukan supaya kemacetan itu bisa diatasi,’;’ kata Gandara kepada depoktren.com, Jumat (12/9).

Menurut dia, sumber kemacetan di Jalan Raya Sawangan itu tidak hanya pada satu titik, tapi ada di beberapa titik, sehingga penyelesaiannya harus dilihat dari berbagai aspek. Kalau cuma satu titik, menurut Gandara tidak sulit untuk mengatasinya. Sebagai informasi, kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Sawangan, Kota Depok semakin parah. Setiap harinya, kemacetan ini terjadi saat jam berangkat dan pulang kerja. Apalagi Waktu keberangkatan kerja berbarengan dengan keberangkatan anak sekolah, sehingga kemacetan Jalan Raya Sawangan semakin menjadi-jadi. Kemacetan yang lebih parah terjadi pada Sabtu dan Minggu, karena Jalan Raya Sawangan merupakan jalur alternatif dari Bogor dan BSD menuju Depok dan Jakarta. Apalagi di sepanjang jalan itu terdapat banyak komplek perumahan dan tempat wisata kuliner.

Jalan sepanjang 7 kilometer ini hanya memiliki lebar rata-rata 7-8 meter. Idealnya Jalan Raya Sawangan dilebarkan menjadi 24 meter sehingga bisa mengurangi kemacetan. Pemkot Depok sudah sejak lama mewacanakan pelebaran jalan tersebut, tapi sampai kini belum terwujud.

“salah satu penghambat pelebaran Jalan Raya Sawangan adalah pembebasan lahan. Kalau lahanya sudah tersedia pelebaran jalan akan cepat dikerjakan dan ini merupakan salah satu upaya mengurangi kemacetan di jalur tersebut,” ungkap Gandara.

Selain itu, perkembangan pemukiman Kota Depok juga memberi sumbangan yang besar untuk kemacetan Jalan Raya Sawangan. Karena untuk jam-jam tertentu, warga berbondong-bondong ke jalan untuk pergi bekerja menuju Jakarta dan berangkat ke sekolah di sekitar Depok.

“Kemacetan ini merupakan dampak perkembangan pemukiman yang sangat pesat, mulai dari rumah-rumah, sekolah, sampai meningkatnya volume kendaraan yang tak diimbangi dengan pelebaran jalan,” jelas Gandara. (esti)

 1,319 total views

LEAVE A REPLY