SMPN 3 Depok Audiensi ke Mendikbud, Muhammad Nuh

0
1159

SMPN 3depoktren.com-Guna memperdalam pengetahuan tentang Kurikulum 2103, SMPN 3 Depok melakukan audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh, di kantor Mendikbud, Jakarta, Selasa (9/10) lalu. Rombongan guru dan ikut serta juga pembina OSIS dipimpin Kepala Sekolah SMPN 3 Depok, Komar Suparman.

”Ada beberapa informasi yang didapat mengenai Kurikulum 2013 yakni salah satunya pengajaran disesuaikan dengan perkembangan peradaban dunia. Perkembangan dunia pendidikan tidak ada yang statis selalu berkembang sesuai dengan perkembangan jaman,” ujar Komar.

Menurut Komar, yang mendapat penjelasan Mendikbud, manfaat dan penerapan Kurikulum 2013 tidak bisa dirasakan dampaknya sekarang karena dalam kurikulum yang mengantikan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) ini lebih mengutamakan proses. Oleh karena itu diharapkan pada tahun 2045 selama 100 tahunusia kemerdekaan Indonesia bisa diisi oleh orang-orang yang memiliki kualitas dan karakter yang sangat baik.

”Penjelasan Mendikbud, esensi dari Kurikulum 2013 adalah penilaian yang lengkap dan utuh dalam meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Jadi penilaian tidak hanya dalam bentuk angka tetapi juga deskripsi, sehingga mendapatkan kompetensi siswa secara jelas,” tutur Komar.

Lanjutnya, informasi lain yang didapat dari Mendikbud yakni dalam teknis pengaplikasiannya di sekolah, dimana lebih menggembangkan pada kemampuan mengamati, lalu mengasah nalar, dan mengkomunikasikan sampai akhirnya menjadi sebuah produk. Dengan begitu pengetahuan diperoleh akan lebih lama melekatnya karena melibatkan banyak indera tubuh.

”Dalam kurikulum 2013 juga mewadahi, salah satunya dengan menjadikan pramuka sebagai program wajib di sekolah dalam membentuk karakter siswa yang lebih berkualitas,” jelas Komar. (ardian)

 1,509 total views

LEAVE A REPLY