DKP Depok Merancang Antisipasi Melubernya Sampah di TPA Cipayung

0
445

TPA Cipayungdepoktren.com- Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan merancang kebijakan guna mengantisipasi melubernya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Cipayung, Depok. Demikian dikatakan, Kepala DKP Pemkot Depok, Zamrowi.

”Saat ini pemerintah Kota Depok tengah mempersiapkan kebijakan pemanfaatan teknologi ramah lingkungan atau yang disebut wisto energy. Kita tengah persiapan lelang investasi PGS itu,” ujar Zamrowi, Jumat (12/9).

Namun begitu, Zamrowi belum bisa memastikan kapan teknologi tersebut dapat direalisasikan. Dikarenakan menurutnya hal itu membutuhkan perjalanan dan investasi. ”Sementara, untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA Cipayung kami harus bekerja keras di beberpa Unit Pengolahan Sampah (UPS) yang ddimiliki,” jelasnya.

Zamrowi juga memastikan bahwa pihaknya tidak akan memperluas TPA Cipayung jika sistem yang dipakai masih menggunakan open dumping seperti yang saat ini dilakukan. ”Kalaupun perluasan nantinya tak lain untuk membangun pabrik pengolahan sampah, kami tidak akan mengembangkan lagi model seperti itu. Perluasan yang dimaksud mempersiapkan lahan untuk wisto energy,” paparnya.

Langkah tersebut diungkapkannya tak lain untuk mengakhiri penderitaan masyarakat di sekitar TPA. ”Kalau kami berhasil mengundang investor untik wisto energy di sana, mereka tidak hanya mengolah sampah yang baru akan tetapi mampu mengolah sampah eksisting yang ada, bila itu sudah habis maka bisa dibentuk yang lebih besar lagi,” terang Zamrowi yang juga mengatakan, saat ini hal tersebut masih dalam proses dan pihaknya sadar bahwa mereka bekerja dengan waktu.

”Itu sudah disetujui dewan, sekarang tengah mempersiapkan dokumen tender. Kami juga memiliki rencana cadangan untuk memanfaatkan TPA Nambo yang berada di wilayah Bogor. Tapi itu juga masih meninggu operasi sekitar 2016/2017. Jadi masyarakat nggak perlu khawatir karena jawaban dan solusinya sudah ada,” pungkas Zamrowi. (ardian)

 1,171 total views

LEAVE A REPLY