Faktanya, Ternyata Gratifikasi Seks Suburkan Perselingkuhan

0
284

sex gratifikasidepoktren.com-Awas! gratifikasi seks ternyata menyuburkan perselingkuhan para pejabat. Baru-baru ini hal itu terjadi dikalangan hakim. Peneliti Indonesia Legal Roundtable, Erwin Natosmal Oemar, menilai perselingkuhan yang marak terjadi di kalangan hakim berkaitan dengan gratifikasi seks. Tak hanya dengan barang berharga atau sejumah uang, aksi suap juga dapat berupa pelayanan seks bagi sang hakim.

“Banyak hakim yang mudah disuap, selingkuh itu ada hubungan dengan gratifikasi seks. Hakim diiming-imingi, karena tidak mau terima uang atau barang, jadi menerima gratifikasi seks,” ujar Erwin, di Jakarta, Jumat (19/9/2014).

Pada tahun 2013, tercatat lebih dari 2.000 laporan pelanggaran kode etik hakim masuk ke Komisi Yudisial (KY). Mayoritas hakim terseret kasus suap dan selingkuh. “Laporan yang terkonfirmasi, tiga kasus terbanyak yakni masalah prifesional hukum, suap dan selingkuh,” ungkapnya.

Kata Erwin, namun dari jumlah tersebut, tercatat hanya tujuh kasus yang diputus dan diberikan sanksi. Kurang tegasnya sanksi yang diberikan, membuat para hakim tak segan dan ragu untuk melakukan pelanggaran tersebut.

“Seharusnya diberikan sanksi tegas. Ini sudah masuk pelanggaran tinggi dan harus diberi efek jera. Dari 2.000 lebih laporan hanya tujuh yang diputus dan diberi sanksi. KY masih belum bisa diharapkan, kinerjanya melorot. Tak jauh beda dengan pengawas internal MA,” papar Erwin. (ardian)

 894 total views

LEAVE A REPLY