Karya Bhakti TNI Bersihkan Sampah di Situ Puspa UI

0
361

TNI bersihkan sampahdepoktren.com-Karya Bhakti TNI dari Kondim 0508/Depok melakukan pembersihan sampah di Situ Puspa Universitas Indonesia (UI). Dalam pembersihan sampah ini berhasil mengangkat sampah sebanyak 35 ribu kubik beserta endapannya. Hal itu diketahui saat dilakukan penyerahan hasil kerja normalisasi Situ dari TNI kepada Rektor UI di gedung Rektorat UI, Depok, Kamis (18/9).

“Sekitar 30 ribu meter kubik sampah yang diangkut TNI dari Situ Puspa. Bukan hanya sampah, tetapi diangkat juga endapannya,”ujar Wakil Direktur Umum dan fasilitas UI, Harun Asyiq Gunawan.

Menurut Asyiq, sampah-sampah itu berasal dari lingkungan warga termasuk dari Pasar yang terbiasa membuang sampahnya ke kali hingga akhirnya menjadi endapan. “Semua sampah sudah diangkut sehingga Situ Puspa sudah normal kembali menjadi sumber penampungan air,” tuturnya..

Pemeliharaan Situ di UI, lanjutnya akan terus dilanjutkan secara reguler. ”Kita sudah siapkan anggaran pemeliharaan dan kontraktornya. Namun jika sudah terjadi penumpukan sampah skala besar, kita akan minta bantuan dari Kodim, Korem, hingga Kodam. Dengan bantuan dari TNI kita bisa menghemat anggaran hingga seratus jutaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Santosa menjelaskan, kegiatan pembersihan Situ tidak berhenti hanya sampai disini. Namun dilanjutkan dengan pemeliharaan bekerjasama dengan pihak UI, masyarakat dan komponen lainnya. “Pemeliharaannya sudah direncanakan pihak UI, apakah satu bulan sekali atau dua bulan. Yang pasti kita siap membantu UI,”jelas Dandim.

Dandim berharap masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran kali cabang timur tidak lagi membiasakan membuang sampah ke kali hingga berimbas ke Situ Puspa. “Karena itu dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk bersama-sama memelihara kebersihan kali dan Situ Puspa UI,” imbuh Santosa. (ardian)

 845 total views

LEAVE A REPLY