Komunitas Sepeda Rivaria Jelajahi Jalur Cianten

0
2453

20140921_101137

Komunitas sepeda KSRv)
Komunitas sepeda KSRv)

20140921_140400

depoktren.com—-Komunitas Sepeda Rivaria (KSRv), Sawangan, Depok semakin aktif  mencari jalur-jalus (trek) yang dianggap cukup ekstrim di kawasan Depok dan Bogor. Minggu (21/9) misalnya, KSRv menjajal trek Cianten, Lewiliang, Kabupaten Bogor yang dianggap salah satu yang cukup ekstrim.

Jelajah jalur Cianten ini diikuti 20 goweser KSRV. Dengan penuh semangat, program ini sudah diagendakan sejak sebulan sebelumnya. ”Ini memang bukan yang pertama kami ke Cianten, beberapa bulan lalu sudah pernah, tapi pesertanya tidak sebanyak ini,” kata Hendry, salah satu motor KSRv.

KSRV adalah komitas sepeda Rivaria yang dibentuk sejak 5 tahun lalu dengan anggota sekitar 35 orang. Mereka adalah warga yang tinggal di Perumahan Bukit Rivaria, Sawangan. Namun, Hendry mengakui, setiap kegiatan tidak semua anggota bisa ikut karena berbagai hal, termasuk urusan keluarga. Acara gowes dilaksanakan setiap hari Minggu, terutama menjajal kawasan di sekitar Sawangan, Cinere, Pamulang, Cibubur dan Cibinong. Tapi untuk jalur dengan rute panjang direncanakan satu bulan sebelumnya.

Komunitas ini sudah menjajal beberapa trek yang dianggap ekstrim di kawasan Kabupaten Bogor, termasuk beberapa jalur  di kawasan Telaga Warna (TW) perkebunan teh Puncak Bogor, Gunung Bundar, Sentul,  jalur pipa gas Serpong dan beberapa daerah lain.

Disebut jalur ekstrim, karena biasanya di satu jalur itu rintangannya cukup banyak, berfariasi dan bila tidak ekstra hati-hati bisa mengalami kecelakaan, seperti ada tanjakan yang tinggi, turunan yang berbatu dan tanah yang licin. ”Jalur Cianten, termasuk jalur yang cukup lengkap. Hampir semua rintangan ada. Bahkan di kawasan Bendungan PLTA Kracak yang merupakan peninggalan zaman Belanda, ada turunan yang sangat tinggi  seperti roller coaster.” kata Lukman menambahkan. Lukman adalah salah satu Ketua RW di komplek perumahan itu.

Komunitas ini juga sering  memenuhi undangan dari komunitas sepeda dari daerah lain untuk gowes bersama, misalnya dari komunitas sepeda Cibinong, Bogor, Bekasi. Begitu juga kalau ada undangan untuk kegiatan sepeda santai perayaan ulang tahun Kota Depok, atau perusahaan swasta lainnya. Anggota KSRv yang sangat aktif antara lain,  Hendry, Herdiyono, Lukman, Anwar, Amri, Sugi,  Gatot Trisusilo, Adji, Desfandri,  Istyanto, Nurul,  Setyo Waluyo, Kunto, Widyaningrat,  Yudi,  Aidil, Pulung Priyagung, Ndang,  Andi,  Bazarudin,   (ril)

 4,792 total views

LEAVE A REPLY