BPMK Depok Lakukan Lomba Kelurahan

0
220

depoktren.com—-Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok tengah mengadakan lomba kelurahan se Kota Depok.  Pemenang lomba itu nanti akan dikirim mewakili Kota Depok untuk lomba tingkat Provinsi Jawa Barat
Kepala BPMKTim yang terdiri dari beberapa bidang itu sejak 22 September lalu melakukan kunjungan ke 11 kelurahan yang mewakili 11 kecamatan di Depok.

”Penilaian kita lakukan sampai 1 Oktober mendatang,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok  Widyawati Riyandani kepada depoktren.com, Rabu (24/9).  Meskipun tidak memasang traget khusus untuk lomba tingkat provinsi, Widya berharap prestasi yang diraih Depok lebih bagus dibanding tahun lalu yang hanya berada pada posisi harapan tiga.

Kelurahan pertama yang dikunjungi tim penilai adalah Kelurahan Pangkalan Jati yang merupakan utusan Kecamatan Cinere, kemudian dilanjutkan ke Kelurahan Limo, Kecamatan Limo.

Menurut  Widya, paling tidak ada 7 indikator penilaian yakni sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan, pemerintahan, partisipasi politik dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga yang berkaitan dengan 10 program pokok PKK. Secara nasional, lomba ini sebetulnya dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri, makanya ada unsur partisipasi politik.

Kemudian menyangkut tingkat keberhasil pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di Kota Depok, menurut Widya cukup menggembirakan, meskipun Pemkot Depok tidak pernah melakukan pemaksaan kepada masyarakat untuk ikut KB. ” Populasi penduduk dari sisi tingkat kelahiran hanya 2,06 persen. Angka ini jauh di bawah angka rata-rata provinsi dan nasional,” kata Widya. Menurut dia, program sosialisasi program KB dilakukan bersama dengan Puskesmas dan Posyandu di tingkat kelurahan. ”Kita aktif melakukan sosialisasi di Pusksesmas dan Posyandu. Tapi kita tidak pernah melakukan pemaksaan. Kita hanya memberikan pemahaman kepada masyarakat,” kata dia. (ds)

 740 total views

LEAVE A REPLY