Perhelatan Akbar Sambut Hari Pariwisata Dunia di Monas Jakarta

0
318

monas malam gebyardepoktren.com-Perhelatan akbar menyambut Hari Pariwisata Dunia di Jakarta akan menampilkan beragam atraksi seni dan budaya Indonesia serta pameran industri kreatif. Gebyar Budaya Hari Pariwisata Dunia yang mengusung tema “Tourism and Community Development” ini diselenggarakan di Monumen Nasional, Sabtu (27/9/2014).

Masyarakat Jakarta dan Indonesia dapat menyaksikan langsung event yang dilaksanakan sehari penuh tersebut. Ada empat kegiatan utama yang disuguhkan bagi masyarakat, yaitu: Pameran Industri Kreatif, Karnaval Budaya, Pentas Musik bersama Indonesian Idol, dan pucak acaranya adalah Pagelaran Tari Kolosal “Warna Warni Jakarta untuk Dunia”.

“Jakarta sebagai gerbang pariwisata dan budaya Indonesia akan menampilkan atraksi budaya dari berbagai daerah di Nusantara,”ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Arie Budhiman.

Sebagai Ibukota Negara, di Jakarta berkembang beragam seni dan budaya Nusantara, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote. Seni dan budaya yang disajikan menggambarkan keberagaman kultur masyarakat yang menyatu dalam bingkai persatuan Indonesia. Ini merupakan kekayaan budaya nasional yang merupakan bagian masyarakat dunia. “Kami mengusung tagline Warna Warni Jakarta untuk Dunia”, jelas Arie Budhiman.

Gebyar Budaya Hari Pariwisita Dunia merupakan apresiasi keragaman seni budaya Nusantara sebagai kekayaan Bangsa Indonesia yang patut dibanggakan. Ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengapresiasi serta makin mencintai seni dan budaya bangsanya.

Bagi DKI Jakarta, pentas seni budaya ini sebagai upaya untuk mewujudkan kota Jakarta sebagai pusat budaya Nusantara serta destinasi utama pariwisata dan budaya di Indonesia. “Meningkatkan promosi keragaman event seni budaya Nusantara sebagai daya tarik pariwisata di kota Jakarta”, tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Karnaval Nusantara akan menyajikan 20 atraksi seni budaya tradional dari berbagai daerah dan beberapa diantaranya budaya urban yang berkembang di masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta. Atraksi ini ditangani oleh seorang koreografer professional, Maria Darmaningsih. Peraih gelar master of education dari University of Lethbridge, AB-Canada ini, menjelajahi berbagai kota di Indonesia dan mancanegara untuk pertunjukan seni dan budaya.

Pentas Musik bersama Indonesian Idol akan menampilkan Ubay, Angel Pieters, Gio, dan Yuka. Para idol ini diharapkan dapat memberikan suguhan musik yang menghibur masyarakat.

Pertunjukan Tari Kolosal Nusantara dikemas sutradara Rama Soeprapto. Kreator seni yang sukses menggelar berbagai pertunjukan budaya, drama, dan pegelaran ini, akan menyajikan sebuah tari kolosal yang merepresentasikan budaya daerah di Nusantara yang bersatu padu dalam balutan budaya Indonesia.

Bangsa    Indonesia  merupakan  bangsa besar  dengan  kekuatan  Bhineka  Tunggal  Ika  beserta
kekayaan ragam seni dan budaya yang tidak ternilai harganya. Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia mempunyai berbagai macam kesenian dan variasi kebudayaan dan etnis dari seluruh provinsi Indonesia.

“Dengan menggunakan semangat dan jiwa persatuan Indonesia sebagai simbol persatuan dan jiwa dan seni Indonesia yang di terdapat di Jakarta, tari kolosal yang akan kami sajikan ‘Warna Warni Jakarta untuk Dunia’,”papar Rama Soeprapto.

Gebyar Budaya Hari Pariwisata Dunia yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut dilaksanakan oleh Dyandra Convex, event organizer professional yang berpengalaman dan sukses menggelar berbagai pertunjukan seni dan budaya di negeri ini. (ardian)

 1,233 total views

LEAVE A REPLY