Sosialisasi Pengarus Utama Gender Bagi Remaja

0
354
Kepala BPMK Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Widyati Riyandani
Kepala BPMK Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Widyati Riyandani
Kepala BPMK Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Widyati Riyandani

depoktren.com-Pengarus utama gender adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis dalam mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia, baik dalam rumah tangga, masyarakat dan negara, melalui kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan manusia.

Atas dasar itu Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) memberikan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan Tenaga Penggerak Desa di Aula Lantai 1 Gedung Balaikota Depok, Kamis (25/09/2014).

Kepala BPMK Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Widyati Riyandani menjelaskan bahwa remaja merupakan subjek dan objek pembangunan gender, selain itu anggota PIK-R dinilai dapat lebih efektif menyampaikan pemahaman gender karena lebih memahami karakter remaja di wilayahnya karena anggota PIK-R rata-rata berusia remaja pula.

“Usia remaja seperti mereka kann masih dalam proses berkembang jadi diharapkan pemahaman ini akan akan terpatri dan bisa menularkan ke masyarakat lain baik rekan sebaya maupun orang tuanya,” ujar Widyati.

Selain itu para remaja juga nantinya akan dilibatkan dalam Musrembang, mereka akan berperan aktif dalam analisis perencanaan disuatu wilayah, apakah pembangunan di wilayah tersebut sudah memenuhi kebutuahn seluruh elemen masyaraat yang berbasis PUG atau belum.

Sebanyak 60 pengurus PIKR dari sebelas kecamatan Kota Depok yang hadir di acara ini. ”Mereka merupakan PIK-R dari posyandu yang memberikan konseling untuk pemahaman pendewasaan usia perkawinan, kesehatan reproduksi, penanggulangan narkoba, namun untuk kali ini mereka juga diberikan pemahaman terkait PUG,” jelas Widyati. (ardian)

 850 total views

LEAVE A REPLY