Spanduk Tak Berizin Ditertibkan Satpol PP Depok

0
376

satpol pp raziadepoktren.com-Demi keindahan kota dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satuan Petugas Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, melakukan razia dan penertiban reklame dan spanduk yang pemasangannya tidak sesuai ketentuan atau yang belum membayar pajak reklame di sepanjang jalan Tugu Sawangan sampai perempatan lampu merah Bojongsari, Depok, Jawa Barat (Jabar),  pada Kamis (25/09/2014).

Penertiban yang rutin dilakukan oleh Satpol PP wilayah Barat ini dipimpin oleh Komandan Regunya Budi Setiyanto. Total yang dihasilkan dari penertiban reklame kali ini terdiri dari 6 buah kain tebal (banner), 35 buah kain tipis, 33 buah tanpa izin, 9 buah masa berlaku pajak reklame habis, dan 39 buah yang salah dalam penempatan.

“Hari ini tidak terlalu banyak yang kami tertibkan, namun ada baiknya bagi anggota masyarakat yang ingin memasang reklame/spanduk di jalan membayar pajak yang sudah ditentukan,” ujar Budi.

Budi menghimbau apabila ingin memasang banner/promosi perumahan, misalnya, agar melakukan pembayaran izin reklame, pemasangannya tidak boleh melintang jalan, hindari pemasangan di pohon, serta hendaknya para pembayar pajak menempel stiker pelunasan pajak reklame di spanduk/baliho/umbul-umbul yang akan dipasang. “Kalau hal tersebut dilakukan, kami jamin  Satpol PP tidak akan menertibkannya,” terangnya.

Sementara itu, saat Satpol PP sedang melakukan razia dan hendak menurunkan salah satu spanduk yang tak berizin sempat terjadi ketegangan dengan pegawai salah satu restoran burger terkemuka. Pihak restoran berpendapat spanduk dan promosi yang dipasang sedang dalam proses pembayaran pajaknya, jadi Satpol PP tidak berhak untuk menurunkan secara paksa. Namun setelah dilakukan kompromi dan penjelasan, akhirnya pihak restoran menyetujui penurunan yang dilakukan Satpol PP dan akan segera melunasi pajak yang diminta.

“Sebenarnya Kami sedang memproses pajak reklamenya, tetapi apabila ketentuan Satpol PP ternyata tidak membolehkan pemasangan kami serahkan sepenuhnya pada Satpol PP,” kata Eko Wahyudi, Manager restoran tersebut.

Penertiban reklame hari ini relatif berjalan lancar, masyarakat sekitar juga antusias menyaksikan razia yang dilakukan oleh Satpol PP itu. (ardian)

 840 total views

LEAVE A REPLY