Fotografer Artis Nyambi Sebagai Germo Dibekuk Polisi

0
594
foto: illustrasi
foto: illustrasi
foto: illustrasi

depoktren.com-Bisa jadi fotografer yang satu ini menerapkan prinsip sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Selain menekuni dunia potret memotret, ternyata JA (31 tahun) juga nyambi sebagai germo alias menjual wanita-wanita yang menjadi objek foto ke lelaki hidung belang. Akibatnya, JA kini harus berurusan dengan pihak kepolisian dari Sub Direktorat III Dit Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

JA dibekuk pada 10 September lalu di sebuah apartemen di Jakarta Barat. Polisi jug menduga JA terlibat tindak pidana perdagangan wanita di bawah umur. Apalagi penangkapan JA bermula setelah polisi melakukan penyelidikan atas laporan perdagangan orang dengan korban anak berusia 15 tahun berinisial T.

Kepala Unit Human Trafficking Subdit III Bareskrim Polri AKBP Arie Darmanto mengatakan, sepekan sebelumnya pihaknya juga menangkap seorang penari telanjang, berinisial C (21 tahun), di sebuah apartemen dikawasan Jakarta Selatan. C diduga turut membantu JA menjual beberapa model cantik hasil jepretan JA. “Pasaran harganya sekitar Rp 5 juta sampai Rp 25 juta,” kata Arie Darmanto, Rabu (1/10).

Menurut Arie modus yang dilakukan JA yakni memasarkan model-model wanita cantik hasil jepretannya itu kepada pria hidung belang melalui pesan berantai Blackberry Messenger maupun Whatsup. Setelah menyebarluaskan “iklan” lewat BBM dan Whatsup, JA pun menunggu tanggapan dari calon pemesan. Setelah ditanggapi, pemesan bisa memesan sesuai permintaan. Lantas, JA pun mengirimkan sejumlah foto hingga tanpa busana.

Ketika pemesan berminat, JA langsung pasang harga dengan tergantung fisik sang wwanita model. “Biasanya berdasarkan kecantikan, seksi, tinggi, berbadan langsing. Model wanitanya itu kebanyakan berprofesi sebagai calon artis atu model, figuran artis, dan bahkan ada yang artis,” ungkap Arie.

Arie menjelaskan, kalau sudah deal, maka calon pemesan harus mentransfer uang muka ke Ja. Biasanya, uang muka yang harus ditransfer separoh dari harga yang disepakati. Sisa pembayaran nantinya juga harus ditransfer ke rekening Ja. Jika pemesan memberi uang tips kepada sang model, itu tak menjadi persoalan.

Penyidik menyita ribuan foto yang disimpan di sebuah situs yang saat ini sudah diblokir. “Ada sekitar 3 ribu sampai 4 ribu foto model wanita ddengan  berbagai macam pose. Dari ribuan gambar tersebut ada sekitar 300 model yang diambil dengan pose berbeda-beda. Mulai dari pose yang semi bugil hingga bugil.
Usia paling tua dari para model yang ditawarkan pada pria hidung belang adalah sekitar 26 tahun.  Kini keduanya tengah menjalani pemeriksaan intensif di kepolisian,” pungkas Arie. (rijad)

 2,931 total views

LEAVE A REPLY