Lula Kamal: Kenalilah Kanker Payudara dan Servicks Sejak Dini

0
1048

lula kamaldepoktren.com-Artis cantik yang juga berprofesi sebagai seorang dokter, Lula Kamal menjelaskan kebanyakan wanita Indonesia terutama yang berada di daerah, kurang paham akan arti hidup sehat. Apalagi, mengenai kepekaan mengenali penyakit sejak dini. ”karena rata-rata mereka merasa takut ketika berniat untuk chek up. Mereka setelah diperiksa, berbagai penyakit terdeteksi semua. Padahal itu semua salah besar. Dengan seringnya memeriksakan kesehatan, gejala penyakit yang tidak bisa terlihat dan dirasa bisa didiagnosa,” ujar dokter cantik kelahiran Jakarta, 10 April 1970 yang merupakan mantan None Jakarta 1990 ini.

Dan, lanjut Lula, penyakit yang banyak menghantui wanita saat ini adalah kanker terutama kanker payudara dan kanker rahim/serviks. ”Untuk itu saya sarankan kepada para wanita untuk segera diteksi sejak dini kanker meneganli sejak dini payudara dan kanker rahim/serviks,” terang Lula saat menyampaikan materi dalam acara  workshop bertema “Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Rahim/Serviks” yang diselenggarakan Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang berlangsung di ruang Teratai Balai Kota Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (2/10).

Lebih jauh Lula mengutarakan, mengenai arti pentingnya wanita menjaga kesehatan terutama setelah menikah. ”menjadi cantik, sehat dan bugar adalah idaman semua wanita, tapi kesehatan yang utama. Untuk menjaga semua itu, hal mendasar yang perlu disadari pertama kali adalah apakah wanita itu sendiri sehat atau tidak. Tidak hanya jasmani tapi juga rohani,” tutur wanita yang mnempuh studi S-2 di King’s College di London mengambil bidang rehabilitas narkoba dan adiksi.

”Untuk itu, pola hidup sehat, kenali penyakit sesuai usia, periksa kesehatan berkala serta jauhi stres dan dekatkan diri pada Tuhan merupakan kunci utama menjadi sehat,” ujar Lula dalam workshop yang dihadiri kurang lebih 300 peserta, yang terdiri dari unsur, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok, YKI Kecamatan, TP PKK Kota Depok, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, Puskesmas, Dinas Kesehatan, OPD Lingkungan Pemkot Kota Depok, Organisasi Masyarakat dan Organisasi Profesi.

Menurut Lula, ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan wanita terkena kanker. Di antaranya merokok, tidak memiliki anak, tidak menyusui, faktor keturunan, terpapar banyak zat penyebab kanker, menstruasi terlalu dini, menopause terlalu tua serta stress. ”Walaupun sudah banyak metode pengobatan, namun ada baiknya semua itu dihindari dengan rutin menjaga dan memeriksa. Dan pemeriksaan kesehatanpun tidak perlu mahal,” pungkasnya. (ardian)

 3,233 total views

LEAVE A REPLY