Taman Bacaan Masyarakat Diharapkan Dapat Tingkatkan Minat Baca

0
539

taman bacaandepoktren.com-Tim Penggerak PKK (TP PKK) melalui Kelompok Kerja (pokja) 2  mengadakan workshop Taman Bacaan Masyarakat (TBM) khususnya, untuk para kader dan pengelola TBM di tingkat Kecamatan dan Kelurahan se Kota Depok. Workshop kali ini menghadirkan Purwanto Putra, dosen Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Rabu (1/10)

Purwanto menjelaskan perbedaan mendasar antara toko buku dengan perpustakaan/TBM. Toko buku menyusun buku yang akan dijualnya dengan tujuan utama mencari untung, sedangkan perpustakaan untuk mendayagunakan koleksinya untuk kepentingan pembaca. Karena tidak  ada koleksi perpustakaan/TBM yang tidak boleh dipinjam untuk dibawa pulang atau hanya untuk dibaca di tempat.

“Hakikatnya walaupun proses peminjaman terdapat buku yang hilang, rusak, terlambat dikembalikan, adalah wajar. Biarlah itu terjadi dari pada koleksi tidak terpakai,” kata Purwanto menerangkan.

Purwanto melanjutkan, hakikat TBM yakni diperuntukan bagi orang yang tidak mampu membeli dan takut mencuri, orang yang tidak mampu diberi peluang untuk meminjam. “Namun perlu diingat, bagi yang sudah meminjam tetapi tidak mengembalikan sama saja dengan mencuri,” ujarnya.

Secara teknis, Dosen UI ini mengarahkan perlunya inventarisasi koleksi dengan memberi stempel kepemilikan pada buku di balik halaman judul, pada halaman akhir buku, dan pada halaman yang dirahasiakan. Tidak lupa untuk semua koleksi TBM harus diberi nomor induk, gunanya agar lebih rapih administrasi pencatatan bukunya.

Sementara itu Maswanih, salah satu peserta workshop, merasa sangat terbantu dengan adanya workshop yang diadakan hari ini. Dia jadi makin mengerti tentang labeling buku, penyusunannya, dan cara memberikan kode buku. Setelah workshop ini, Maswanih ingin berbagi ilmu dengan kader PKK yang lain. “Insya Allah Saya akan membagikan keterampilan yang di dapat hari ini ke kader PKK di lingkungan RW Kelurahan Limo,” tandas Maswanih. (raakan)

 1,159 total views

LEAVE A REPLY