Dinas Kesehatan Depok Gencarkan Pembuatan MCK

0
1597
Contoh jamban atau MCK yang bersih dan sehat
Contoh jamban atau MCK yang bersih dan sehat
Contoh jamban atau MCK yang bersih dan sehat

depoktren.com-Petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Kota Depok pada akhir 2013 mensurvei ada sekitar 11 ribu lebih keluarga di Depok yang belum mempunyai jamban, dan masih membuang kotorannya secara langsung ke lingkungan tanpa akses jamban yang memadai.

Kemiskinan menjadi salah satu penyebab utama ketidaklayakan sarana sanitasi tiap keluarga tersebut. Rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengolah limbah cair rumah tangga ke septictank serta adanya keterbatasan dana untuk membangun Mandi Cuci Kakus (MCK) di rumahnya membuat mereka lebih milih membuang sembarangan ke sungai, sawah, selokan, dan lobang galian terbuka.

Atas dasar itulah Dinas Kesehatan melalui Seksi Penyehatan Lingkungan melaksanakan kegiatan Stimulan Sarana Sanitasi Dasar (Sarsandas) secara bertahap kepada 15 keluarga yang terdapat di RW 08 Kelurahan Bedahan yang juga lokasi program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

“Tujuannya jelas untuk mencegah penyebaran penyakit akibat pembuangan kotoran di sembarang tempat,” ujar Siti Muflihah Rahim, Pelaksana Program Rutin PLP Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Siti menambahkan Pemkot Depok menargetkan pada tahun 2017 nanti sudah tidak ada lagi warga Depok yang belum memiliki jamban. Pemkot akan membangun MCK komunal dan jamban keluarga bagi warga yang saat ini belum memiliki fasilitas jamban sesuai standar teknis yang disyaratkan. “Prinsipnya adalah septictank tidak bocor dan kedap air hingga nggak mencemari air di lingkungan warga,”jelasnya.

Efek buruk yang ditimbulkan dari kondisi tersebut tidak hanya berdampak kepada pribadi yang kurang sadar, tapi masyarakat sekitar juga akan terkena dampaknya seperti pencemaran sungai,air bersih, dan pencemaran tanah. “Tahun ini 15 keluarga di lokasi P2WKSS, kami juga membangun di Kelurahan Tirta Jaya di 15 keluarga dan tambahan 25 lagi melalui anggaran perubahan tambahan,” jelasnya. (rizky)

 2,469 total views

LEAVE A REPLY