Dibongkar Ratusan Kios dan Lapak PKL di Terminal Depok

0
175

DSC_1230depoktren.com-Sebanyak 1.404 personel aparat gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan dibantu Polresta Depok serta TNI melaksanakan pembongkaran 120 kios-kios dan lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di Terminal Depok,, disamping ITC Depok, Jalan Raya Margonda Depok, Jawa Barat (Jabar), Rabu (8/10).

Tidak ada perlawanan berarti dari para pedagang, hanya seorang ibu pemilik sebuah kios yang berteriak-teriak histeris da berusaha menghalangi-halangi petugas yang hendak membongkar kiosnuya. Setelah itu petugas dengan empat traktor merobohkan seluruh kios-kios dan lapak-lapak yang ada. Puluhan truk pengangkut barang dari Pemkot Depok dan dua unit ambulan juga disiapkan.

Ratusan aparat kepolisian dari Polresta Depok yang diperbantukan tampak berjaga-jaga disertai dua mobil water canon untuk mencegah kemungkinan terjadinya perlawanan dari para pedagang.

Pembongkaran kios-kios dan lapak para pedagang yang sudah berjualan sejak dioperasikanya Terminal Depok pada 1992 ini dilakukan untuk merevitalisasi terminal menjadi Terminal Terpadu Depok yang akan segera dilaksanakan pengembang dari PT Andika.

Terminal Depok terpadu yang akan dibangun ini saling berhubungan dengan Stasiun Kereta Depok Baru, dan berhubungan juga dengan Plaza Depok serta ITC Depok. Selain itu juga akan dibangun Mal, Apartemen dan Hotel.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Depok, Ety Suryahati menklaim lahan Terminal Depok seluas 2,6 hektare ini merupakan aset Pemkot Depok. ”Rencananya akan dibangung Terminal Terpadu Depok yang akan saling berhubungan dengan Stasiun Kereta Depok Baru sekaligus menjadi pusat bisnis modern dengan akan dibangun Mal, Apartemen dan Hotel,” ujar Ety.

Pembongkaran dilakukan juga lantaran Terminal Depok saat ini sudah semakin padat dan tak representatif. Pemkot Depok juga saat ini juga sedang membangun terminal baru yang berada di Jatijajar. ”Nantinya Terminal Terpadu Depok hanya untuk angkutan kota (angkot), sedangkan untuk angkutan umum bus baik bus dalam kota maupun angkutan bus luar kota akan menempati Terminal Jatijajar,” ungkapnya. (aris)

 688 total views

LEAVE A REPLY