Aku Cinta Depok Bersih Ajak Warga Turut Bersihkan Lingkungan

0
451
Wijayanto (tengah), selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok bersama LSM Aku Cinta Depok Bersih ajak warga turut bersihkan lingkungan
Wijayanto (tengah), selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok bersama LSM Aku Cinta Depok Bersih ajak warga turut bersihkan lingkungan
Wijayanto (tengah baju rompi coklat), selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok bersama LSM Aku Cinta Depok Bersih ajak warga turut bersihkan lingkungan

depoktren.com-Ketua Komunitas Aku Cinta Depok Bersih, Tora Kundera membenarkan, bahwa dalam rangka mengajak masyarakat khususnya Kota Depok, untuk bersama-sama mencintai kebersihan dimulai dari diri kita sendiri dan keluarganya. Maka pihanya bekerja sama dengan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, Wijayanto dan jajarannya, Ketua Forum Komunitas Hijau Heri ‘Gonku, dan pasangan Abang Mpok Depok 2014 Mpok Amira dan Abang Tyo yang menjadi Duta Lingkungan Hidup Depok.

“Selain itu juga sejumlah elemen organisasi yang hadir ada dari Gemapsi, KPPD, Jaker, Depok Media Center, PWI, KPMP, REPDEM, Relawan Adipura Bisa, dan warga sekitar,” ujarnya kepada wartawan Minggu (12/10/2014), saat melakukan aksi bersih di Taman Lembah Gurame Depok.

Tora menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun budaya cinta kebersihan dimana pun diri kita berada. Bahkan budaya cinta kebersihan itu mulai membumi ditengah masyarakat, maka masing-masing dari diri kita akan punya rasa malu jika ingin membuang sampah sembarangan. Dan terbukti dalam waktu dua jam telah terkumpul 30 kantong besar berisi sampah-sampah non organik.

”Artinya aksi bersih tersebut, seluruh peserta membawa kantong sampah yang telah disiapkan, dan dilakukan penyisiran mulai dari lapangan futsal hingga seluruh area taman. Sampah yang dikumpulkan lebih difokuskan sampah non organik yakni plastik dan kertas,” jelas aktifis muda itu.

Ditempat yang sama, Wijayanto, selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, menerangkan, bahwa beberapa program aksi bersih telah dilakukan di berbagai wilayah Kota Depok dalam rangka meraih Adipura. Namun demikian, kata Wijay, masalah Adipura tidak hanya sekedar mendapatkan piala, tetapi lebih kepada menumbuhkan budaya terhadap kebersihan.

”Kita akan membudayakan bersih di semua tempat. Kebersihan bukan hanya tugas BLH dan DKP, tetapi diperlukan kepedulian dan tanggung jawab dari komunitas dan masyarakat. Komunitas bisa menjadi pioner aksi bersih,” terangnya.

Wijayanto juga berterima kasih atas undangan komunitas warga yang memiliki kesadaran dan punya inisiatifnya untuk membuat acara tersebut rutin di berbagai wilayah Kota Depok.

“Saya sangat senang sekali diundang ke kegiatan aksi-aksi nyata seperti ini. Semoga kita bisa terus bersama-sama dan bersinergis dalam mewujudkan Depok Sebagai Kota Bersih dan Hijau,” ucapnya. (ardian)

 1,042 total views

LEAVE A REPLY