Cara Cerdas Mencegah Kanker Serviks

0
519

kankerserviks1
depoktren.com—–Seperti kata pepatah, menegah lebih baik daripada mengobati, begitu juga dengan kanker serviks, lebih baik mencegah sebelum terjadinya kanker serviks ini.
Berikut Cara Mencegah Kanker Serviks
  • Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh-mu dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.  Perbanyak makan makanan yang mengandung  vitamin A, C dan E serta asam folat untuk mengurangi risiko kanker leher rahim
  • Jika menggunakan toilet di tempat umum, bersihkan bibir kloset dengan alkhohol atau minimal air bersih dan jangan membershkannya dengan air yang kotor/tidak hiegenis
  • Jangan melakukan hubungan seks sebelum menikah atau di usia dini, apalagi jika berganti ganti pasangan seks. Hal ini akan sangat fatal akibatnya.
  • Hindari merokok, karena tembakau dapat meyebabkan kanker.
  • Rutin melakukan screening berupa pap smear atau IVA untuk deteksi kanker serviks secara dini.
  • Vaksinasi dapat dilakukan pada perempuan usia 10-55 tahun dengan jadwal suntikan sebanyak 3 kali, yaitu pada bulan 0, 1 dan 6. Vaksin HPV akan meningkatkan daya imun anak sehingga lebih resistan terhadap virus.

Intinya adalah lakukan pola hidup sehat dan bersih, karena jika itu sudah dilakukan maka tidak akan ada penyakit yang mau menyerang kita.

Tapi, apabila  sudah dideteksi menderita kanker serviks, jangan khawatir karena saat ini telah ada beberapa metode untuk mengobati kanker serviks.

Sumber: kencana 14

 1,670 total views

LEAVE A REPLY