Dinkes Gandeng PPTI Berantas Tuberculosis

0
174

dinkesdepoktren.com—-Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengadakan pertemuan jejaring lintas sektoral.

Hadir dalam pertemuan ini PPTI Pusat, PPTI Cabang Depok, Kadinkes Kota Depok Noerzamanti Lies Karmawati, Ketua TP PKK Depok Nur Azizah Tamhid, Asosiasi Rumah Sakit Indonesia (ARSI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ketua Bhayangkari, dan tamu undangan lainnya. Pertemuan ini dalam rangka pemberantasan Tuberkulosis (TB) di Kota Depok.

“Kita semua berkumpul di sini dari berbagai bidang sektor untuk bersama merumuskan langkah strategi untuk mengurangi angka penderita TB di Depok,” ujar dr. Lies, Kadinkes di Aula BAPPEDA Lantai 3, Kamis (16/10/2014).

TB masih menjadi masalah utama kesehatan yang perlu penangan secara serius. Setiap tahun di Indonesia ditemukan 450 ribu kasus baru, sehingga Indonesia menduduki peringkat 4 dunia dengan jumlah TB terbanyak setelah India, China, dan Afrika Selatan.

Pada tahun 2013 Kota Depok baru berhasil menemukan kasus sebanyak 1129 kasus (55,7%) dari target yang harus ditemukan sebanyak 2031 kasus. Sedangkan pada tahun 2014 sampai triwulan 2 kasus TB ditemukan sebanyak 524 kasus (25,2%). Angka ini masih jauh dari target penemuan yang harus dicapai yaitu 2168 kasus (80%). Angka penemuan kasus TB di masyarakat ini harus diimbangi dengan tingginya angka kesembuhan.

“Karena apabila angka penemuan tinggi tetapi angka kesembuhan rendah artinya banyak penderita Drop Out (DO) pengobatan dan berpotensi untuk terjadinya kasus MDR (Multidrug Resistance),” jelasnya.

Penyakit TB tidak hanya masalah sektor kesehatan, sehingga penanganannya tidak mungkin berhasil jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja, dibutuhkan dukungan berbagai pihak termasuk organisasi kemasyarakatan dan organisasi non pemerintah dalam upaya pemberantasan TB ini.

“Dengan adanya pertemuan ini diharapkan adanya jejaring yang kuat dalam pemberantasan TB, sehingga upaya mewujudkan Kota Depok bebas TB dapat terwujud,” tutupnya. (Diskominfo)

 468 total views

LEAVE A REPLY