Ratusan Koperasi di Depok Perlu Diobati

0
181
Salah satu program pelatihan koperasi di Depok

pelatihan koperasidepoktren.com—Sekitar 223 koperasi di Kota Depok perlu segera diobati supaya bisa berkembang menjadi koperasi yang sehat. Dari sekitar 600 koperasi yang ada, hanya 377 yang bisa beroperasi dengan baik.

”Kita terus  melakukan pembinaan supaya koperasi-koperasin itu bisa berjalan baik,” kata Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi, UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok, Tedo Da Silva kepada depoktren.com, Kamis (16/10/2014).

Menurut Teo, tahun ini saja ada 14 program pelatihan dan pembinaan yang dilakukan kepada koperasi-koperasi yang ada, antara lain  pelatihan kepemimpinan, manajemen, pemasaran, akutansi dan sebagainya.

Namun diakuinya, pelatihan itu saja tidak cukup karena banyak juga koperasi yang membutuhkan suntikan modal. Sementara Pemerintah Kota Depok hingga saat ini belum bisa memberikan bantuan modal atau dana kepada koperasi. ” Kita baru dapat bantuan modal dari pemerintah pusat, ya…untuk 2 atau 3 koperasi pertahun, nilainya sekitar Rp 50 juta,”kata Teo.

Kondisi ini, kata dia memang sangat berbeda dengan zaman orde baru, ketika itu gampang sekali membuat koperasi karena banyak mendapat bantuan dari pemerintah. Tapi di era reformasi ini, penyaluran bantuan sangat terbatas.

Dia mengakui hingga saat ini belum ada koperasi di Depok yang menonjol dan berprestasi di tingkat provinsi apalagi tingkat nasional, karena hampir semua koperasi di Depok adalah koperasi jasa.

”Sementara di daerah lain yang berkembang adalah koperasi yang mengembangkan produk ,bukan koperasi jasa,” kata dia. Karena Depok adalah kota, menurut Teo memang agak sulit mengembangkan koperasi yang berorientasi pada produksi prodk.

Teo menyebut, dari sekitar 600 koperasi yang ada hanya sekitar 18 yang benar-benar sehat. Semuanya koperasi jasa. Nilai asetnya ada yang sudah mencapai 75 miliar yakni Koperasi Teratai dengan 600 anggota, kemudian ada koperasi  Solia Mitra yang mengembangkan mini market. Asetnya sekitar Rp15 miliar.

Ketika pertama kali Depok menjadi kota mandiri, jumlah koperasi di Depok mencapai 1.000 koperasi.Tapi kemudian koperasi-koperasi yang tidak aktif itu ditutup oleh Pemkot Depok. (ds)

 

 592 total views

LEAVE A REPLY