Depok Raih Anugerah Peduli Pendidikan

0
319

Penerima APP Dikbud 2014depoktren.com—— Kota Depok dalam beberapa pekan terakhir sepertinya panen penghargaan dari pemerintah pusat. Setelah dari kementerian perhubungan dan kementerian perindustrian, kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang memberikan penghargaan kepada Kota Depok. Kali ini penghargaan yang diterima namanya: Apresiasi Peduli Pendidikan (APP) 2014.

Kota Depok memang tidak sendirian menerimaan penghargaan yang langsung diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh kepada Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail. Tapi ada 4 kota lain yang menerima anugerah serupa yakni DKI Jakarta,  Provinsi Jawa Barat, Kabupaten  Lombok Barat dan Kabupaten Bangka Tengah.

Setidaknya, ada  25 penghargaan yang diberikan dalam malam Apresiasi Peduli Pendidikan (APP) 2014 pada Rabu (15/10/2014) malam itu.

Pemkot Depok berhasil meraih APP, karena dianggap berhasil dalam program Education for All.  Melalui program ini, Pemkot Depok memberikan akses pendidikan kepada semua lapisan masyarakat, tanpa kecuali. ”Tidak ada alasan untuk tidak sekolah,” kata Nur Mahmudi Ismail.

Sejak beberapa tahun terakhir, Pemkot Depok juga gencar melaksanakan program kejar Paket A, B dan C, sehingga program wajib belajar 12 tahun bisa direalisasikan dengan baik.  Walikota sangat bersyulur karena Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terus meningkat.

Menurut walikota, penghargaan itu merupakan tantangan bagi Depok sendiri,  bagaimana meningkatkan kapasitas dari fungsionalnya sekaligus kapasitasnya. “Kami selalu mencoba untuk meningkatkan kualitas, cepat respon, cepat tanggap mengenai kurikulum yang sedang berjalan. Ini juga merupakan upaya kita untuk mengikuti Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di 2015 nanti,” kata Nur Mahmudi.

Pemberian penghargaan APP 2014 ini berlangsung pada Malam Anugerah Peduli Pendidikan, di Auditorium Gedung D Kemendikbud, Jakarta tadi malam. Hadir dalam perhelatan akbar itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Sekjen Kemdikbud Ainun Na’im, Jajaran Eselon I dan II RI, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota, Bupati serta para peserta yang menerima penghargaan dan tamu undangan.

Acara yang bertema “Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia Unggul” ini berlangsung meriah dengan dihadiri bintang tamu Alika serta Artis Ibu Kota lainnya. Dalam sambutannya, Ainun mengatakan Kebijakan Kemdikbud dalam lima tahun terakhir, berupaya meningkatkan kualitas peserta didik di seluruh Indonesia, agar terlayani dengan baik melalui berbagai program yang memungkinkan berkembangnya potensi peserta didik secara optimal.

“Kegiatan APP dilakukan untuk meningkatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan tentang pentingnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa, serta mengomunikasikan dan menyosialisasikan kebijakan dan hasil-hasil pembangunan pendidikan nasional,” katanya. (red)

 

 909 total views

LEAVE A REPLY