Cara Mencuci Tangan yang Benar

0
6790

Cara Cuci Tangan Lifebuoydepoktren.com-Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), karena cuci tangan merupakan perilaku sehat yang sudah diperkenalkan pada anak-anak sejak kecil. Dengan demikian PHBS harus ternaman kuat pada diri pribadi anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

Namun perilaku sehat ini masih belum menjadi budaya masyarakat dan masih dilakukan sekedarnya saja. Tangan adalah salah satu jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh, sebab tangan adalah anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung.

Dalam mencuci tangan yang benar, ada tujuh langkah yang harus dilakukan yaitu menggosok telapak kedua tangan yang saling berhadapan, telapak kanan diatas punggung tangan kiri dan sebaliknya, telapak tangan dan jari saling terkait, menggosok punggung jari pada telapak tangan satunya dengan jari saling mengunci, jempol kanan digosok memutar oleh telapak tangan kiri dan sebaliknya, jari kiri menguncup gosok memutar ke kanan dan kiri pada telapak tangan kanan dan sebaliknya, dan pegang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies mengatakan bahwa upaya percepatan peningkatan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) ini perlu dilakukan, karena fakta menunjukan bahwa masih rendahnya kebiasaan CPTS pada saat penting dalam masyarakat, yaitu sebelum makan 14,3%, sesudah buang air besar 11,7%, setelah memandikan bayi 8,9%, sebelum menyuapi anak 7,4% dan sebelum menyiapkan makanan hanya 6%. “Hal ini sangat disayangkan, karena tangan merupakan salah satu jalur penularan berbagai penyakit menular seperti diare, ISPA, Cacingan dan Hepatitis A,” jelasnya.

Menurut data Dinkes Kota Depok, cakupan kasus diare yang ditangani pada tahun 2012 adalah 39,28% dan meningkat menjadi 85,35% pada tahun 2013 dengan jumlah perkiraan kasus sebanyak 40.629 pada tahun 2013. Oleh sebab itu perlu dipahami pentingnya cuci tangan menggunakan sabun yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian dan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh lingkungan. “Masyarakat harus memahami dampak yang ditimbulkan dari tidak mencuci tangan menggunakan sabun,” pungkas Lies. (ardian)

 12,001 total views

LEAVE A REPLY