Pemkot Depok Galakkan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

0
790

cuci tangan gerakandepoktren.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengadakan gerakan cuci tangan bersama pakai sabun dan jambore UKS, pada Sabtu (18/10/2014) lalu. Sebanyak 600 peserta yang terdiri dari siswa sekolah, guru, PKK, perwakilan OPD, serta petugas puskesmas dari 11 kecamatan di Depok turut memeriahkan kegiatan ini.

“Ini merupakan gerakan kesehatan dunia yang didukung oleh PBB, diharapkan dengan kegiatan ini kesehatan masyarakat tetap terjaga dan perilaku hidup bersih bisa diterapkan dalam keseharian,” ujar Kepala Kadinkes Kota Depok, Noerzamanti Lies.

Wanita yang akrab disapa Dr.Lies ini mengatakan bahwa gerakan ini bertujuan untuk menggalakan perilaku cuci tangan pakai sabun oleh masyarakat pada umumnya, dan guru serta siswa pada khususnya sebagai upaya untuk pencegahan terhadap penyakit. Selain itu juga untuk menciptakan kebiasaan hidup sehat yang berksesinambungan di kalangan masyarakat akan pentingnya cuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari, hingga menjadi suatu perilaku keseharian masyarakat.

Sementara itu Wakil Walikota Depok Idris Abdul Somad yang membuka kegiatan tersebut berpesan kepada para peserta, khususnya siswa sekolah untuk menjaga kesehatan menjadi budaya diri baik di rumah maupun sekolah. “Anak-anak ini nantinya akan menjadi pemimpin bangsa, untuk itu perilaku hidup sehat harus ditanamkan sejak dini,” ujarnya.

Selain gerakan cuci tangan bersama, pagi tadi juga diselenggarakan jambore UKS. Jambore ini terdiri dari lima jenis lomba, yaitu lomba guru UKS Teladan, lomba senam UKS, lomba Mars UKS, lomba P3K dan lomba pembuatan poster. Lomba ini diharapkan dapat memotivasi siswa, guru dan tim pembina UKS dalam melaksanakan program-program UKS.

Perlu diketahui bahwa Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) atau Global Handwashing Day adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB, bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya, baik pemerintah maupun swasta untuk menggalakan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Penunjukan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17 Agustus sampai 23 Agustus 2008 di Stockholm, seiring dengan penunjukan tahun 2008 sebagai Tahun Sanitasi Internasional oleh Rapat Umum PBB. (ardian)

 1,742 total views

LEAVE A REPLY