Wali Kota Depok Tabur Ribuan Bibit Ikan di Kali Cabang Timur

0
494

ikan  niladepoktren.com-Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menaburkan ribuan ekor ikan ke kali Cabang Timur di Kawasan Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar (Jabar), Selasa (21/10/2014). Benih-benih ikan yang ditebar yakni ikan nila, tawes, jelawat, kowan dan mata merah.

Menurut Nur Mahmudi, kegiatan ini disebut Taman Kolam Bio Indikator, ditujukan untuk memantau kualitas air kali dan meningkatkan komitmen seluruh warga Depok mengimplementasikan Perda tentang persampahan. ”Warga harus benar-benar melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah kemudian membentuk Satgas pembersihannya agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga drainase agar tidak tersumbat. Bentuk indikasi warga Depok tidak membuang sampah diselokan atau disungai yaitu kita tes disini, maka inilah yang disebut Bio Indikator yaitu indikator kehidupan untuk kualitas lingkungan melalui jasad hidup,” paparnya disela kegiatannya menebar ikan yang juga dihadiri Sekretaris Daerah Ety Suryahati, Asisten Tata Praja Dudi Miraz, perwakilan Kepala OPD, Lurah, dan Camat.

Ada lima jenis bibit ikan yang disebar yakni ikan nila, tawes, jelawat, kowan dan mata merah. Ribuan ekor ini didapatkan dari Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok. Kegiatan ini juga melibatkan banyak komunitas dari Pondok Jaya, Ratu Jaya, Depok, Kemiri Muka, Pondok Cina, juga RT RW sekitar. ”Sengaja kita sebar ikan yang sensitif untuk memastikan kadar air, supaya kita tau kualitas air ini bersih dan tidak tercemar salah satunya sampah, partikel dan cairan kimia,” terang Nur Mahmudi.

Terkait musim kemarau yang berkepanjangan, dia memastikan pasokan air di kali yang mengalir dari Cipayung dan bermuara ke Setu UI ini tidak akan mengalami kekeringan karena air relatif masih ada dan disuplai dari setu ke setu lain, jadi tidak akan sampai kehabisan dan ada pengendalinya di beberapa titik bendungan-bendungan yang ada.

”Ke depan, Pemerintah Kota akan mengembangkan taman kolam bio indikator, tempat yang memungkinkan untuk dapat dikontrol dan mencari lagi lokasi lain yang dekat setu, contohnya Kali Cabang Timur ini yang dekat dengan Setu Puspa,” pungkas Nur Mahmudi. (ardian)

 1,605 total views

LEAVE A REPLY