Kebaya Iriana Jokowi Mirip Model Ibu Tien Soeharto ?

0
3172

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) bersama Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani yudhoyono (kanan) melambaikan tangan seusai Upacara Penyambutan Kemiliteran di Istana Merdeka, Jakarta, Senindepoktren.com– Pelantikan Joko  Widodo sebagai Presiden sudah berlalu tiga hari. Tapi masih saja ada catatan-catatan menarik di balik acara pelantikan itu. Selain menyorot tingkah putra pertama Jokowi yang dianggap kurang simpatik, kini kebaya oranye dengan model kutu baru yang dikenakan Iriana Widodo, Ibu Negara RI yang baru,  menjadi sorotan, karena dianggap mirip dengan kebaya yang biasa dipakai Ibu Tien Soeharto. Benarkah ?

Pada acara kenegaraan itu Iriana memilih gaya tradisional lewat pemilihan kebaya model kutu baru. Kebaya kutu baru awalnya dikenal pada zaman Kerajaan Majapahit dan merupakan jenis kebaya dengan tambahan kain di bagian tengah sebagai penghubung sisi kiri serta kanan yang terletak di bagian dada.

Iriana sepertinya mengenakan kebaya kombinasi gaya kutu baru dan kebaya kartini, yang umumnya memiliki panjang kebaya yang rata, baik pada bagian bawah depan maupun bawah belakang.

Kebaya oranye bermotif bunga-bunga itu kemudian dipadankan dengan kain tapih warna cokelat bermotif batik. Dia pun memilih aksesori yang cukup minimalis, yaitu bros kupu-kupu, sepasang anting berwarna emas-oranye, tas tangan berwarna krem, dan sepasang selop berhiaskan batu-batu.

Mengenai pemilihan warna oranye, ternyata Jokowi sendiri yang sengaja memilihkan warna itu untuk Iriana.

“Biar cerah, jadi dipilih oranye. Tadinya ada empat warna yang diajukan ke saya. Saya yang memilihkan,” kata Jokowi seperti dilansir Antara.

Sepertinya pilihan Jokowi tidak salah, karena kebaya tersebut sukses membuat Iriana jadi sorotan.

Lantas, apa tanggapan desainer senior Era Soekamto? “Ini bisa memberikan angin segar. Tahu pakem kebaya. Bagus dan kebaya kutu baru itu kebaya Indonesia banget,” katanya.
Era sendiri merupakan salah satu desainer mode Indonesia yang konsisten mengangkat koleksi bergaya tradisional. Karenanya, ketika ibu negara memutuskan mengenakan kebaya kutu baru, maka pilihan tersebut dianggap tepat.

“Pemilihan warna kebayanya pas dan tepat. Sesuai dengan penampilannya dan juga apa adanya,” katanya.

Lebih lanjut, kebaya tersebut juga menunjukkan kesederhanaan si pemakai. Di samping itu, wanita yang mengenakannya juga bisa terlihat menawan “Kebaya adalah sederhana. Wanita bisa terlihat cantik dari dalam,” kata dia. (kabar24/red)

 6,883 total views

LEAVE A REPLY