BRI Depok Baru Kucurkan 30 Persen Usaha Mikro

0
152
Para pelaku ekonomi mikro
Para pelaku ekonomi mikro
Para pelaku ekonomi mikro

depoktren.com-Ekonomi di Depok terus berkembang, hal serupa juga terjadi pada ekonomi mikro dan kreatif. Meski begitu, masih banyak yang belumm menggunakan jasa keuangan di perbankan. Seperti yang diutarakan Manajer Bisnis Mikro Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Depok Sugianto.

Pihaknya melalui Kupedes BRI (pinjaman usaha dari Rp 20-100 juta) baru terealisasi 30 persen dari target tahun ini sebesar Rp 113 Milyar atau pada 4264 nasabah. “Penyaluran Kupedes BRI di Depok baru tercapai 30 persen. Memang ada beberapa kendala dan diharapkan bantuan Pemerintah,”ujarnya disela-sela acara pembukaan Festival Industri Kreatif, Detos, Margonda, Depok beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penerima pinjaman dari Kupedes BRI seperti:  bengkel, salon, servis motor, las, kuliner, kontrakan, counter hp dan lainnya. Ia mengungkapkan, dengan adanya nasabah tersebut tinggal pemerintah Depok memberikan bimbingan dan pembinaan.  Selain, Kupedes BRI bentuk pinjaman juga ada  Kur  Mikro (Rp 500 ribu-20 juta dan  Briguna (kredit untuk pekerja, PNS, TNI, Polri dengan  plafon potong 60 persen dari gaji).

“Memang yang masih menjadi kendalanya adalah  surat keterangan usaha. Kita minta agar Pemerintah turut serta mempermudah urusan. Minimal, kalau buat di kelurahan kan tidak gratis. Dirinya berharap agar semua pelaku usaha mikro dan kreatif bisa berjalan lancar. Apalagi, bisa membuka lapangan usaha dan ,” jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok  Agus Suherman berupaya melakukan pembinaan pada pelaku usaha mikro dan kreatif. Dirinya juga mmenyadari, sektor ekonomi kreatif masih perlu ditingkatkan. “Kita terus berupaya meningkatkan pelaku usaha mikro dan kreatif. Salah satunya mengadakan pelatihan dan lainnya,” pungkas Agus. (ardian)

 673 total views

LEAVE A REPLY