Rhenald dan Rinaldy Dalimi Calon Kuat Rektor UI ?

0
604

rhenald-kasali-_calon rektor UIRinaldy Dalimi Calon Rektor UIdepoktren.com—Tujuh calon Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2014-2019,kini tengah menjalani proses seleksi untuk kemudian disaring menjadi 3 calon. Ketujuh calon rektor itu, sudah diumumkan Majelis Wali Amanat (MWA) akhir pekan lalu yakni Mohammad Nasikin, Muhammad Anis, Rhenald Kasali, Rinaldy Dalimi, Riri Fitri Sari, Tarzan Basaruddin dan Tresna Priyana Soemardi.

Ketujuh calon tersebut merupakan hasil proses penjaringan dan penyaringan berdasarkan usulan Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor UI (P3CR UI).  Penyaringan dilakukan berdasarkan rekam jejak, penulisan esai, wawancara, asesmen oleh lembaga profesional, uji publik, cyber campaign serta informasi pendukung lainnya.

Ketujuh calon ini kemudian akan melewati serangkaian seleksi, seperti penilaian rencana strategis dan tes minnesota multiphasic personality inventory. Setelah itu akan dilakukan tes wawancara oleh sejumlah pakar dalam bidang tata kelola, manajemen pendidikan tinggi dan manajemen perubahan. Para pakar yang akan melakukan tes wawancara itu adalah Azyumardi Azra, Jos Luhukay dan Dewi Fortuna Anwar.

Setelah melalui rangkaian proses itu, dijadwalkan pada 10 November sudah tersaring menjadi 3 orang calon. Sedangkan penetapan dan pelantikan rektor baru akan dijadwalkan pada 27 November 2014.

Lalu pertanyaanya? Siapa calon kuat ? Pertanyaan itu menjadi topik pembicaraan di lingkungan kampus barjaket kuning itu. Dari informasi sementara, paling tidak ada dua nama yang menguat yakni Rhenald Kasali dan Rinaldy Dalimi. Keduanya, merupakan pakar dibidangnya dan dinilai memiliki jaringan yang sangat kuat di luar kampus.

Rhenald Kasali misalnya, selain dosen UI, juga dikenal sebagai pengamat ekonomi dan sering tampil di acara-acara internasional.” Namanya, sangat dikenal publik dan kalangan pemerintah. Ini tentu saja, merupakan kelebihan tersendiri, karena ke depannya, kampus dituntut banyak menjalin kerjasama dengan pihak luar,” kata Ahmadi, seorang mahasiswa fakultas hukum UI.

Pandangan senada juga disampaikan Rahman, mahasiswa teknik. Dia mengunggulkan mantan dekan Fakultas Teknik, Rinaldy Dalimi karena dianggap sangat senior dan memiliki jaringan yang sangat luas di jajaran pemerintahan dan perguruan tinggi lain. ”Kalau tidak salah Pak Rinaldy anggota Dewan Energi Nasional (DEN) yang langsung berada di bawah presiden,” kata Rani, mahasiswa teknik lainnya. Menurut dia,  ke depannya, seorang rektor tidak hanya harus cakap dan pintar di dalam lingkungan kampus, tapi harus bisa menjalin sinergi dengan pihak-pihak lain di luar kampus. (ds)

 1,411 total views

LEAVE A REPLY