Pelaku Usaha Makanan harus Pakai Sertifikat Halal

0
343

depoktren.com—Asisten Eksbangsos Pemkot Kota Depok, Eka Bachtiar mengimbau semua pelaku  usaha makanan di Depok segera mengurus sertifikat halal, karena Kota Depok sudah dinyatakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat sebagao kota Halal.

“Pelaku usaha makanan di Kota Depok harus mendaftarkan diri agar mendapatkan sertifikat halal. Ini penting, untuk keamanan dan kesesidak pak wakilhatan bersama,” kata Eka pada acara workshop makanan halal di Balaikota Depok, Kamis (06/11/2014).

Acara yang mengusung tema “Halal is My Life” ini dihadiri oleh perwakilan OPD, camat, lurah, kader PKK kecamatan dan kelurahan, para UPT, serta organisasi UMKM di Kota Depok. Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noerzamanti Lies, Kepala Bidang Sosialisasi dan Promosi LPPOM MUI Pusat, dan Forum Masyarakat Peduli Halal Ambarwati.

Menurut Eka,  kehalalan sebuah produk sangat penting bagi suatu usaha karena memiliki nilai lebih dalam penjualannya, baik pasar domestik maupun internasional.

Hal senada juga dikemukanan oleh Ketua Paniti Pelaksana Jumali.“Karena penduduk Depok mayoritas muslim, kehalalan suatu makanan sangat penting karena  makanan halal sudah pasti bersih dan higienis,”  kata dia. Menurut Jumali pihaknya sudah beberapa kali melakukan sosialisasi terkait makanan halal ini dengan maksud memberikan evaluasi mengenai kebijakan makanan halal di Kota Depok secara berkelanjutan. Selain itu juga sebagai informasi kepada pelaku usaha untuk mencantumkan sertifikat halal.

Makanan yang halal dapat dilihat pada logo halal MUI pada kemasan, komposisi produk pada kemasan, daftar produk bersertifikat halal MUI di majalah atau website, serta melihat sertifikat halal MUI.

Banyaknya populasi masyarakat muslim yang mendiami wilayah Kota Depok membuat Kota Belimbing ini harus memproduksi makanan yang halal. Karena makanan halal wajib dikonsumsi bagi pemeluk Agama Islam. (red)

 

 

 

 1,076 total views

LEAVE A REPLY