Konsumen Indonesia Memilih Kejujuran Perusahaan daripada Kegunaan Produk

0
297
Peluncuran Laporan Studi Authentic Brands 2014 oleh Cohn & Wolfe
Peluncuran Laporan Studi Authentic Brands 2014 oleh Cohn  & Wolfe
Peluncuran Laporan Studi Authentic Brands 2014 oleh Cohn & Wolfe

depoktren.com-Sembilan dari 10 konsumen Indonesia, percaya bahwa penting bagi perusahaan untuk jujur mengenai dampak lingkungan dan kebijakan keberlanjutan mereka, dibandingkan 81% responden lainnya yang meletakkan prioritas pada kegunaan produk. Demikian menurut kajian Authentic Brands oleh perusahaan komunikasi global Cohn & Wolfe.

Persentase yang menyangkut lingkungan hidup adalah yang tertinggi di 12 pasar dimana jajak pendapat dilakukan dalam kajian–termasuk Indonesia untuk pertama kalinya tahun ini–yang melibatkan 12,000 responden ini. Kajian ini menguji perilaku perusahaan yang dinilai dan dilihat otentik oleh para konsumen serta persoalan-persoalan yang mungkin menimbulkan ketidakpuasan terhadap merek tersebut.

Sebanyak 91% dari responden Indonesia juga mengatakan penting bagi perusahaan untuk berkomunikasi secara jujur mengenai produk dan layanan mereka, dan 32% responden mengatakan mereka akan mengikuti perusahaan-perusahaan yang terbuka dan jujur di sosial media, yang tertinggi di semua pasar global.

“Menjadi lebih jelas bahwa menjadi otentik adalah ke siap siagaan kritis yang utama untuk merek,” ungkap Donna Imperato, CEO Cohn & Wolfe. “Tidak ada merek yang kebal terhadap krisis, tetapi kita telah melihat lagi dan lagi bahwa merek-merek yang beraksi dengan kejujuran dan integritas akan pulih lebih cepat dan muncul kembali menjadi lebih kuat,” dia menambahkan.

Kepercayaan tidak terjadi begitu saja

Indonesia telah enjadi tujuan bisnis utama untuk perusahaan multinasional selama beberapa puluh tahun terakhir, ditengah cepatnya transformasi ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan cepatnya pertumbuhan kelas konsumen. Terpilihnya Presiden Joko Widodo baru-baru ini disambut baik oleh komunitas bisnis sebagai dorongan demi menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk terus berinvestasi di Indonesia, seperti halnya kajian Authentic Brands menunjukkan orang Indonesia memiliki kepercayaan terbesar pada merek-merek ternama.

Sesuai dengan temuan, 40%  konsumen Indonesia setuju bahwa perusahaan-perusahaan besar sangat transparan dan jujur, tertinggi dari semua pasar di seluruh dunia, dibandingkan dengan 10 persen dari konsumen global.

Hanya 5% konsumen Indonesia yang engatakan eksekutif perusahaan besar sering berbohong ketika menjawab situasi kritis di perusahaan mereka, dan 8% responden percaya bisnis besar dengan sengaja menjadi kurang transparan dan jujur supaya menghasilkan lebih banyak uang, dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 18%.

“Hal ini tidak seharusnya dianggap enteng oleh merek-merek tersebut,” Managing Director Cohn & Wolfe Indonesia Andrew Goldman mengatakan. “Memang benar, merek-merek yang mencoba ntuk menyelamatkan posisi di pasar Indonesia harus melihat kepasar yang lebih mapan sebagai contoh perusahaan-perusahaan yang telah memenangkan kepercayaan konsumen dan kehilangan kepercayaan mereka dan belajar dari kesalahan yang terjadi,” tambahnya.

Jajak pendapat Authentic Brands tahun ini telah melaporkan peningkatan yang signifikan pada kemarahan mengenai ketidakjujuran bisnis global, setelah adanya pelanggaran data keamanan tingkat tinggi, penarikan kembali produk-produk bermasalah, dan ketakutan akan kontaminasi makanan dari merek-merek terkenal.

Temuan global menunjukkan orang-orang di seluruh dunia kemungkinan besar akan tetap setia dan membeli produk dari merek yang menampilkan “Authenticity Anchors”, atau perilaku bisnis yang penting bagi konsumen, dengan 63% konsumen global mengatakan mereka akan terus membeli dari merek yang otentik dibandingkan dengan kompetitor mereka– dengan angka yang meningkat sampai 74% di Swedia, 72% di Jerman dan 68% di Amerika Serikat.

Sebanyak 1,000 responden yang ditanyai dari berbagai daerah di Indonesia dalam kajian Authentic Brands 2014 menilai Telkomsel, BCA dan Mandiri adalah perusahaan paling otentik di Indonesia. (ardian)

 1,193 total views

LEAVE A REPLY