Cakra Buana Rayakan Hari Jadinya, Tampilkan Budaya Pulau Jawa

0
756

cakra-595x397depoktren.com-Keceriaan dan kemeriahan tergambar dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-15 Sekolah Cakra Buana, Depok, Jawa Barat (Jabar), Rabu (19/11/2014). Situasi tersebut terlihat dari berbagai penampilan siswa yang mengangkat kebudayaan di Pulau Jawa.

Penampilan yang disajikan pada acara yang mengusung tema “Fantastic Culture of Java Island” ini diantaranya parade dengan menggunakan baju adat dari berbagai provinsi di Pulau Jawa, permainan alat tradisional seperti gamelan dan gong, tarian tradisional baik dari Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur, serta beberapa nyanyian.

“Karena sekolah kami berdiri di tanah Jawa, maka kemegahan budaya Jawa yang kami unggulkan,” tutur Ketua Dewan Pendiri Sekolah Cakra Buana Raden Roro Siti Nurul.

Wanita yang biasa disapa Bunda Titi ini menambahkan bahwa tema dan penampilan yang ditampilkan ini sebagai wujud implementasi pada misi sekolah yang berdiri sejak 19 November 1999 tersebut. Misi Cakra Buana adalah menciptakan lingkungan yang menstimulasi pemahaman terintegrasi terhadap akar budaya sendiri.

Kebudayaan yang ada di Pulau Jawa sangat banyak, antara lain pertunjukan wayang, tarian tradisional, dan tembang-tembang. Selain itu menghasilkan berbagai karya seperti batik, kebaya, keris, dan beberapa alat musik tradisional. Untuk pertunjukan wayang, di Jawa Tengah dan Jawa Barat berbeda. Untuk Jawa Tengah menampilkan pertunjukan wayang kulit, sedangkan Jawa Barat pertunjukan wayang golek. (ardian)

 1,314 total views

LEAVE A REPLY