Anis: Saya akan Bangun Kepercayaan Terhadap UI

0
873

rektor UI baru

depoktren.com—-Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met berjanji akan membangun kepercayaan internal dan eksternal terhadap perguruan tinggi yang dianggapnya sudah banyak berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

“Untuk membangun kepercayaan internal dan eksternal itu memerlukan waktu. Meski begitu harus dilakukan sebagai prasyarat UI dapat unggul di kancah internasional,” kata Anis usai pelantikan Rektor UI di Balai Sidang UI, Kamis (4/12/2014).

Acara Pelantikan Rektor UI dilaksanakan bersamaan Serah-Terima Jabatan dari Pejabat Rektor UI Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A di Balai Sidang kampus UI Depok. Pelantikan juga dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir serta Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail. Terlihat pula mantan Rektor UI periode sebelumnya yakni Gumilar R Soemantri dan Usman Chatib Warsa.

Menurut Anis, membangun rasa percaya sangat diperlukan, karena UI diwarnai paradigma disiplin yang berbeda. Kemudian trust social capital harus dikembangkan dalam mengelola universitas yang jauh berbeda dengan korporasi.

Sebab, mengelola universitas tidak berorientasi profit, berbeda dengan korporasi. Begitu juga secara struktural. Mengelola universitas harus mengacu pada tridharma perguruan tinggi.

“Kerja keras dengan tekad kuat dan fokus maka UI akan menjadi otonom, berkarakter, berwawasan luas, bermoral, dan mampu menghasilkan riset yang berpihak kepada kepentingan nasional dan global,” ujarnya.

Dia menyatakan UI telah turut memecahkan persoalan bangsa. Hal itu dilakukan oleh lulusan UI yang kompeten dan berkarakter. Saat ini juga UI turut andil untuk mengatasi krisis energi dan perubahan iklim, serta mendukung berkembangnya maritim di Indonesia.

“Tantangan global dan lonjakan penduduk dunia, termasuk Indonesia, berdampak pada permasalahan yang kompleks terhadap keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi. Maka ke depan, UI harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut baik permasalahan di tingkat nasional maupun di tingkat global,” jelas Anis.

Menurut Anis, UI sebagai institusi pendidikan memiliki reputasi dan budaya prestasi yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Anis bertekad akan memajukan UI dengan membangun trust atau kepercayaan, baik di internal maupun eksternal UI.

Anis menambahkan, terpilihnya ia sebagai Rektor UI merupakan amanah dan tanggung jawab yang tidak ringan. Dengan visi mewujudkan UI sebagai universitas yang otonom sebagai penghasil ilmu pengetahuan untuk solusi masalah nasional dan global. Ia pun berharap dapat menyumbangkan yang terbaik bagi UI.

Pria kelahiran Jakarta, 26 Juni 1957, itu menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Metalurgi FTUI pada 1977. Kemudian pada 1986, ia melanjutkan studi ke University of Sheffield di United Kingdom (UK) dan mengambil master metalurgi. Ia lulus pada 1988 dengan predikat distinction dan langsung melanjutkan ke jenjang doktoral di universitas yang sama. Prof. Anis adalah alumni pertama Jurusan Metalurgi FTUI yang menjadi doktor.

Prof. Anis telah lama berkarier di UI. Mulai Senat Akademis UI pada 2000-2003, 2003 sampai Juli 2006, dan 2003-2007. Lalu Direktur Pendidikan UI pada 2003-2007, hingga Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan pada 2007-2012. Mei 2013 hingga September 2014, Prof. Anis mendapatkan amanah sebagai Pejabat Rektor UI. (red)

 1,400 total views

LEAVE A REPLY