LKNU Depok Gencar Advokasi Penderita Penyakit TB

0
344

LKNU dan UIdepoktren.com-Penyakit Tuberculosis (TB) merupakan penyakit berbahaya yang bisa ditularkan melalui melalui udara. Untuk itu, perlu usaha yang serius dalam upaya pengendalian penyebarannya. Hal itu dibenarkan Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Depok Abdurrahman. Pihaknya saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan advokasi bagi penderita TB. “Melalui kader dan relawan, kita datangi door to door. Mulai dari pendataan, pencarian
BTA positif (Basil Tahan Asam) atau suspect penderita TB, sampai mengantarkan ke Puskesmas untuk pengobatan. Tentunya, ini bagian membantu Pemerintah dalam pengendalian TB,”terangnya. Meruyung, Limo, Jumat (12/12).

Menurutnya, pihaknya masih terfokus di dua Kecamatan yaitu: Sawangan dan Limo. Dia menambahkan, dalam satu bulan setidaknya mengunjungi empat kelurahan. Ia menambahkan, kegiatan hari ini merupakan join action dengan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) dalam pencarian suspect, di wilayah pusat kesehatan masyarakat grogol. Sekitar 30 orang kader dan relawan mendatangi rumah dan melakukan sosialisasi, pencarian suspect, mendorong pengobatan dan penanganan TB di masyarakat ke Puskesmas terdekat. “Kita datangi 100 rumah di RW 1 Meruyung, Limo. Harapannya, kader program cepat ini terjun membantu Pemerintah dalam mencapai target pengendalian TB,”

Sementara itu, salah satu mahasiswi FKM UI Astri Galuh Pratiwi bersama rekan-rekannya melakukan Praktek Belajar Lapangan (PBL). Selain mengaplikasikan ilmu kesehatan masyarakat, juga turut serta memberdayakan masyarakat memutus rantai penyakit TB. Dengan cara pencarian suspect TB yang dilakukan kader yang merupakan penggerak kesehatan masyarakat.

“Kita juga sosialisasi mengenai pencegahan penyakit TB. Terlebih lagi, Indonesia kini ada diperingkat ke 4 penyakit TB. Tentu, harapannya semoga masyarakat dan kader bisa bergotong-royong menanggulangi penularan penyakit TB,” tandas Astri. (meyta)

 713 total views

LEAVE A REPLY