Depok akan Sahkan Pasangan Nikah Siri dengan Isbat Nikah

0
1246
Buku Nikah (kua-deltapawan.com)

depoktren – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Misbahul Munir, menyampaikan bahwa Disdukcapil bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Depok akan menggelar Isbat Nikah bagi penduduk kurang mampu yang sudah melaksanakan perkawinan agama namun belum sah dalam hukum negara.

“Kami membidik pasangan suami istri yang ingin perkawinannya dicatat di KUA dan mendapat salinan buku nikah,” demikian Misbahul Munir sebagaimana dikutip situs depok.go.id.

Isbat ikah akan dilaksanakan di 11 Kecamatan di Depok secara bertahap. Tahap pertama akan dilaksanakan di Kecamatan Cinere pada 6 Maret 2015 dan di Kecamatan Tapos pada 27 Maret 2015. Peserta yang ingin mengikuti kegiatan Isbat Nikah ini tidak dipungut biaya. Persyaratannya adalah memiliki KTP Depok dan merupakan perkawinan yang pertama.

Isbat Nikah sendiri adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sahnya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum. Setelah diadakan Isbat Nikah maka, pasangan suami istri yang sebelumnya sudah menikah secara siri akan mendapatkan akta nikah/buku nikah yang sah.

“Jumlah peserta tidak kami batasi, berapapun akan kami tampung,” tambah Misbahul.

 2,021 total views

LEAVE A REPLY